DI BALIK “PENEMUAN” WAE REBO

Rumah - - Arsitektur -

Wae Rebo makin dikenal bangsa Indonesia setelah Gregorius Antar Awal, atau yang lebih dikenal dengan nama Yori Antar, “menemukan” dan merekonstruksi tempat ini. Menurut cerita Yori, ia menemukan tempat ini secara tak sengaja, ketika ia sedang berselancar di dunia maya. “Lagi googling desa adat, muncul foto Wae Rebo yang difoto orang luar (luar negeri, red.). Tanpa lokasi, tanpa ada keterangan di mana itu,” tuturnya di tengah perjalanan mendaki kami, menuju Wae Rebo.

Bersama tim, ia berusaha mencari desa yang telah mencuri perhatiannya itu. Setelah tahu lokasi yang dimaksud, perjuangan bukan berarti mulus. Medan yang harus dilalui Yori cukup sulit. “Dulu jalannya enggak gini, lebih jelek. Becek dan mesti nyebrangin 3 sungai setinggi ini,” cerita Yori sambil mengangkat tangan setinggi dada. Saya tak membayangkan perjuangannya karena saat itu, jalan yang kami lalui sudah cukup sulit dan menghabiskan napas.

Sayangnya, sesampainya mereka di sana, kondisi Mbaru Niang cukup memprihatinkan. Hanya ada 4 rumah, dari 7 rumah yang seharusnya ada. Hal ini menggugah minat Yori dan kawan-kawan. Bersama RumahAsuh yang digagasnya, Yori meminta bantuan dari beberapa donatur. Alhasil, sekarang ini seluruh rumah telah berhasil dibangun kembali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.