Rumah Kos dengan Akses Terpisah

Rumah - - Konsultasi -

QAssalamualaikum Pak Wijoyo, Kami memiliki sebidang lahan di kompleks perumahan berukuran 15m x 15m. Lahan kami ini menghadap timur di depan dan belakang lahan terdapat jalan, sementara kanan dan kiri berbatasan dengan rumah tetangga. Di lahan ini, kami ingin mendirikan rumah tinggal sekaligus tempat indekos. Untuk indekos, kami mengalokasikan lahan seluas 5m x 15m, untuk dibuatkan 8 buah kamar. Sisa lahan akan kami pakai untuk rumah tinggal.

Adapun ruang yang kami butuhkan adalah sebagai berikut. 1. Ruang tamu mungil 2. Ruang keluarga maka3.Ruang n 4. Ruang tidur utama (kamar mandi di dalam) 5. Ruang tidur anak (2 buah) 6. Musala 7. Kamar mandi 8. Garasi (jika memungkinkan untuk dua mobil) 9. Ruang pembantu 10. Ruang servis

Kami mohon bantuan Pak Wijoyo untuk membuatkan desain yang cocok bagi kami. Atas bantuan pak Wijoyo kami ucapkan terima kasih. Wassalam Yulianti- Hasan Basri,

AAssalamualakum Wr. Wb. Ibu Yulianti, Terima kasih untuk pertanyaannya. Sebelum membuat tempat indekos yang menjadi satu dengan rumah tinggal, Anda perlu merencanakan konsep rumah indekos yang ingin Anda buat. Apakah Anda akan membuat indekos khusus pria/wanita atau campur, apakah tiap kamar memiliki kamar mandi dalam atau tidak, apakah menyediakan jasa sarapan, cuci pakaian,

pembersihan kamar, dsb. Mungkin untuk di lain kesempatan, detail seperti itu perlu dijelaskan, agar pembagian ruangnya bisa menjadi lebih optimal.

Secara garis besar, Anda sudah menyediakan area atau zona khusus di lahan rumah Anda untuk indekos. Dengan demikian sudah dapat dipastikan bahwa rumah indekos terpisah dengan tempat tinggal Anda. Maka rumah indekos juga harus memilki akses sendiri, yang terpisah dengan tempat tinggal Anda, sehingga kegiatan keluar dan masuk sehari-hari dari penyewa kamar indekos tidak akan mengganggu kegiatan pribadi keluarga Anda.

Untuk mengakomodasi kebutuhan jumlah kamar indekos seperti yang Anda inginkan, rumah indekos saya buat menjadi 2 lantai. Kamar tidur saya buat dengan ukuran ideal minimal, yaitu 3m x 3m. Namun karena terbatasnya ruang yang tersedia, kamar mandi tidak bisa diletakkan di dalam kamar. Rasio perbandingan kamar tidur dan kamar mandi adalah 4:3, jadi seharusnya cukup untuk memnuhi kebutuhan “anak-anak indekos” Anda.

Untuk rumah indekos, ada akses sendiri dan terpisah dari rumah Anda. Halaman depan rumah indekos bisa diperuntukkan sebagai parkir sepeda motor. Kemudian untuk tangga lantai 2 juga saya buat berada di luar, sehingga tidak mengganggu penyewa yang ada di lantai 1.

Di dalam pertanyaan Anda, dikatakan bahwa depan dan belakang rumah Anda adalah jalan. Ini agak membingungkan dalam membuat analisa dan membuat pembagian ruang, sebab Anda tidak menjelaskan kondisi jalan di belakang rumah. Apakah jalan tersebut sama lebar dengan jalan di depan, atau hanya berupa jalan kecil atau gang? Sebab jalan di belakang rumah bisa dimanfaatkan untuk pintu belakang atau akses alternatif, atau malahan perlu ditutup total untuk faktor keamanan misalnya.

Untuk rumah Anda sendiri, di lantai bawah akan ada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur sebagaimana standar sebuah rumah keluarga. Ruang tidur utama berikut kamar mandi pribadi saya letakkan di bagian depan rumah, dengan bukaan menghadap taman depan. Ruang makan dan ruang keluarga saya buatkan terbuka dengan bukaan besar ke arah taman belakang, agar ruang bersama ini berkesan luas. Apabila Anda menginginkan ruangan berkesan lebih luas lagi, dinding pemisah dengan dapur bisa juga dihilangkan.

Saya mengambil sebagian ruang di lantai 2 Anda untuk indekos. Sebab dengan ruang selebar 5m (seperti yang Anda minta), tentunya tidak mungkin bisa mendapatkan jumlah kamar seperti yang Anda inginkan, terutama dengan standar luas ideal yang tadi saya kemukakan di atas. Belum lagi ditambah kamar mandi. Saya juga menambahkan ruang terbuka di belakang untuk digunakan sebagai ruang jemur pakaian keluarga Anda. Sebagai penjaga privasi , saya tempatkan pintu di area jemur.

Untuk rumah Anda, ruang tidur anak-anak saya buat di lantai 2, berikut kamar mandi tentunya. Saya juga meletakkan musala di lantai 2, sebab ruang di lantai 1 sudah cukup nyaman untuk menjadi ruang terbuka. Di antara ruang tidur anak dan musala bisa dijadikan ruang baca, ruang belajar, atau ruang bermain anak-anak, yang terhubung dengan balkon yang terbuka ke halaman belakang.

Ibu Yulianti yang budiman, semoga jawaban ini dapat memuaskan dan menjadi inspirasi untuk membangun rumah Anda kelak.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

LANTAI 2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.