5 Tahap Persiapan Pengecatan

Rumah - - Konsultasi -

Kebingungan kerap terjadi saat ingin mengecat rumah. Nah, agar tidak bingung, Berikut ini adalah konsep-konsep sederhana dan strategi praktis ( step-by-step) untuk membuat rencana pengecatan dinding rumah. 1 Membuat daftar keinginan ( wish list).

Dinding adalah salah satu elemen ruangan yang paling kelihatan dan paling besar efek visualnya jika diubah warnanya. Sebagai langkah awal, buatlah daftar keinginan atau rencana Anda tentang dinding mana saja yang akan dicat. 2 Mengukur luasan bidang yang akan dicat

Mengecat dinding adalah pilihan yang paling tepat jika Anda ingin membuat perubahan besar pada rumah, terutama dalam kondisi terbatasnya dana. Oleh sebab itu pastikan berapa luas dinding yang akan dicat, apakah hanya salah satu bidang saja, dinding satu ruangan, atau seluruh bagian rumah.

3 Menentukan warna berdasarkan gaya yang di inginkan

Bicara soal warna, ikuti saja kata hati. Nasihat sederhana ini akan efektif bila Anda tahu warna yang Anda inginkan. Untuk membantu menemukan warna yang Anda inginkan, buka-bukalah bukubuku, majalah dan katalog tentang dekorasi rumah. Jangan lupa ikut sertakan anggota keluarga lainnya, sebab keinginan mereka juga perlu diperhatikan. 4 Memilih dan membeli cat (jenis dan uji campuran cat) Hampir semua produsen cat memiliki katalog cat (bisa berupa brosur, color palette cards, paint chips atau paint strips) yang dapat Anda miliki secara cuma-cuma.

5 Kebutuhan bahan lain selain bahan pokok cat

Jangan lupa soal bahanbahan khusus lainnya yang Anda perlukan sesuai kebutuhan dinding, antara lain: bahan anti-jamur, antikusam, bahan khusus agar cat awet atau menempel lebih lama, dan lain-lain. Para produsen cat yang ada umumnya telah melengkapi produk-produknya dengan bahanbahan tambahan tersebut.

HGTV.COM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.