Memainkan Warna dan Pola Agar Lebih Dinamis

Tak ingin terkesan monoton dan biasa, aksen-aksen tertentu dimunculkan untuk menarik perhatian. Pola kotak dan permainan warna menjadi benang merah pengolahan ruang di rumah ini.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN, MARGO UTOMO

Hamparan kompleks perumahan lengkap dengan berbagai aktivitas pembangunan menyambut kedatangan Tabloid RUMAH di CitraLake Sawangan, Depok. Di atas lahan tersebut, berdiri jejeran rumah yang sebagian sudah jadi dan sebagian lagi masih dalam proses pembangunan.

Mata kami pun tertuju pada rumah berlantai dua yang diberi papan nama bertuliskan Rumah Contoh Tipe Lotus. Ya, rumah contoh inilah yang akan kami bedah ruang demi ruangnya.

Tidak sabar, kami pun melangkah masuk ke dalam. Kesan luas dan lapang adalah hal pertama yang kami rasakan. Itu terjadi karena ruang tamu dan ruang makan yang sekaligus dapur disuguhkan tanpa sekat. Hanya sebuah meja penyimpanan kecil yang diletakkan di antara ruang tamu dan ruang makan.

Menariknya, hunian ini tampil menonjol berkat aksen warna kuat dan sisipan pola kotak-kotak di setiap elemen ruangnya. Contohnya saja, sebuah cermin besar di belakang sofa merah. Cermin ini tak tampil polos. ada permainan pola kotak berulang yang membuatnya lebih manis dan menjadikan ruang lebih dinamis.

Warna dan Pola Bersinergi

Salah satu kelebihan dari hunian ini adalah pengaplikasian warna netral yang mampu

bersinergi dengan warna-warna kuat. Penggunaan warna ini pun dibedakan bedasarkan fungsi bidang. Hendry Tamzel, Associate Director Ciputra Group mengungkapkan, penggunaan warna-warna netral ini diaplikasikan pada bidang luas untuk memberikan kesan nyaman dan lapang. Sementara itu, penggunaan warna-warna kuat digunakan sebagai aksen pada aksesori ruang, misalnya sofa, sarung bantal, dan pernik ruang lainnya.

Aksen warna kuat ini dapat terlihat pada badan kabinet dapur dan rak belajar pada ruang bermain. Di antara dominasi warna netral, sentuhan warna-warna cerah ini mencuat membuat tampilan furnitur menjadi lebih cerah dan hidup. Harmonisasi antara warna netral dan kuat pun membuat tampilan ruang tak membosankan, malah cenderung manis dan menarik.

Kelebihan lainnya dari hunian ini adalah aplikasi pola berbentuk kotak yang diterapkan di hampir setiap ruang. Pola ini menjadi lebih hidup ketika diaplikasikan dengan warna cat dan material yang pas. Misalnya saja pada furnitur dan aksen cermin.

Sentuhan Individual di Setiap Ruang

Selain memberikan kesan lapang dan luas, rumah ini juga menyuguhkan sentuhan individual pada setiap ruangnya. Hal tersebut dapat terlihat pada setiap desain ruang tidur. Pada kamar tidur ruang utama, Anna Natalya Desainer Interior, menyisipkan sentuhan modern dengan menggunakan material kaca, kayu, dan pelapis dinding.

Sementara itu, pada ruang tidur anak, Anna Natalya, menyisipkan unsur feminin di dalamnya, yakni penggunaan warna-warna merah muda dan pernak-pernik ala anak perempuan. Sebuah pelapis dinding bermotif pohon pun diaplikasikan pada salah satu dinding untuk memberi focal point.

Berkat permainan warna dan pola inilah, rumah pun tak tampil datar dan monoton.

Ruang makan ini bergabung dengan dapur kotor. Warna merah masih tersisip di permukaan kabinet dapur dan membuatnya tampil cerah di antara dominasi warna cokelat.

Ruang tamu ini tampil manis dengan adanya sofa merah dengan aplikasi cermin berpola di belakangnya.

Sebuah lemari penyimpanan diletakkan di antara ruang makan dan ruang tamu. Tujuannya adalah sebagai partisi atau pemisah antarruang tersebut.

Ruang bermain anak yang dirancang lebih bergairah dan menyenangkan dengan kehadiran aneka warna dan dinding merangkap kanvas.

Bila rak atau partisi terlalu besar

sebagai pemisah antarruang, Anda bisa menggunakan lemari penyimpanan berukuran kecil dan pendek. Hal ini berguna untuk menghindari ruang terkesan penuh dan sumpek.

Ruang tidur anak yang mengusung tema feminin. Hadir dalam balutan warna muda. Sebuah pelapis dinding bermotif pohon diaplikasikan untuk menghindari kesan monoton.

Ruang tidur utama ini tampil terang dan nyaman. Selain berkat paparan cahaya juga berkat aksesori ruang yang menggunakan warna-warna kuat sebagai pemanis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.