Kini Tak Perlu Lagi Pusing Memilih Warna

Ingin suasana yang berbeda di rumah? Ubah saja warna cat dindingnya. Bila merasa kesulitan dalam memilih warna, ikuti panduan berikut ini.

Rumah - - Info Produk -

Setelah berapa lama Anda merasa perlu mengganti cat dinding? Setahun, dua tahun, atau ketika cat dinding yang lama sudah pudar atau kotor?

Sekian tahun lalu, Anda mungkin akan melontarkan jawaban seperti ini. Tapi sekarang? Anda bisa mengganti cat dinding kapan saja Anda ingin, kapan saja Anda merasa bosan dengan suasana ruang di rumah Anda. Tidak harus menunggu momen atau menunggu kondisi dinding rusak.

Tapi masalahnya, banyak orang beranggapan, memilih warna cat dinding itu sulit!

Membangun Suasana Baru

Saat ini orang memiliki kecenderungan cepat merasa bosan dan selalu membutuhkan sesuatu yang baru. Dulu, bila orang menemukan satu tempat rekreasi yang nyaman, maka ada kecenderungan ia akan kembali ke tempat tersebut berulang-ulang.

Namun sekarang, orang cenderung mencari tempat yang berbeda, untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Suasana lingkungan yang baru dianggap dapat memberikan suasana hati yang juga baru.

Begitu pula dengan rumah. Saat ini ada kecenderungan orang ingin mengubah-ubah tampilan rumah untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Salah satu cara mengubah suasana rumah adalah dengan mengganti warna cat dinding. Seperti kita tahu, warna memiliki efek psikologis terhadap sebuah ruang. Sehingga mengganti warna cat dinding dapat memberikan nuansa yang berbeda pada sebuah ruang tanpa kita harus menambahkan banyak ornamen pendukung.

Bila tujuan Anda mengubah warna cat dinding adalah untuk membangun suasana baru, tentukan dulu suasana apa yang ingin Anda hadirkan di rumah. Apakah suasana hangat, romantis, ceria? Ataukah suasana pantai, pegunungan, pedesaan?

Dari Mana Memulainya?

Banyak orang yang bingung ketika harus memilih warna cat dinding. Kadang-kadang ada rasa khawatir pilihannya salah, kurang bagus, atau tidak sesuai dengan harapan. Karena rumah adalah wakil dari ekspresi diri kita, pilihan yang kurang pas bisa mendatangkan rasa kurang percaya diri. Belum lagi kalau mau menyesuaikan dengan tren warna masa kini, semakin bingung kita dibuatnya.

Pada dasarnya tidak ada warna bagus atau warna jelek. Cara yang paling mudah adalah pilihlah warna apapun yang Anda suka. Bila Anda menyukainya, tentu Anda akan merasa nyaman berada di dalam ruang dengan warna tersebut.

Bagaimana bila dalam sebuah keluarga, setiap anggota memiliki warna favoritnya masing-masing? Anda dapat mengaplikasikan warna kesukaan masing-masing anggota keluarga di ruang yang berbeda. Misalnya saja, bila ibu yang lebih sering berada di dapur, gunakan warna favorit ibu di dapur. Bila ayah lebih sering berada di ruang tamu menerima teman-temannya, aplikasikan warna favorit ayah di ruang tamu.

Alat Bantu Memilih

Untuk memudahkan Anda dalam memilih warna, Dulux Catylac kini menghadirkan 10 Warna-warni Favorit Indonesia, yang dapat Anda jadikan sebagai panduan. Warna-warna ini tidak muncul begitu saja, melainkan dipilih berdasarkan warna-warna yang paling disukai di Indonesia.

Setelah dipilih satu warna tertentu, seringkali muncul kekhawatiran ruang akan tampak monoton. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memadukan dua atau tiga warna sekaligus. Nah, untuk memilih paduan yang harmonis, setiap warna dari Dulux Catylac Warna-warni Favorit Indonesia diengkapi dengan 2 pilihan warna tambahan untuk kombinasi warna. Ini membuat pekerjaan memilih paduan warna menjadi lebih mudah.

Ada 10 warna favorit yang disediakan oleh Dulux Catylac untuk dinding interior. Dengan teknologi Chroma Brite yang menghasilkan warna-warni yang cerah menakjubkan lebih lama, suasana rumah akan semakin ceria.

Selain warna favorit untuk interior, Dulux Catylac juga mengeluarkan warna-warna favorit untuk eksterior (lihat boks: Untuk Dinding Luar, Pakai Cat Eksterior). Gunakan cat sesuai peruntukannya, sehingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal. •

Bila bingung memilih warna, tentukan dulu suasana apa yang ingin Anda bangun di rumah Anda.

Sesudah

Sebelum

Sesudah

Sebelum

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.