Tahap Pemberian Pupuk

Rumah - - Eksterior -

Sama seperti tingkatan pemberian asupan gizi pada manusia, tanaman pun memiliki tahap-tahap pemberian pupuk yang sesuai dengan usianya. Ira Puspa membenarkan hal ini. Bahwa pada tahap penanaman ada unsur yang dominan digunakan untuk proses pertumbuhan bagian tertentu. Nah, agar tanaman bunga Anda terus berbunga sepanjang masa, lakukan pemupukan seusai dengan tahap perkembangannya.

1 Tahap Dasar

Tahap ini adalah tahap di mana Anda baru saja memulai proses penanaman. Pada tahap ini kandungan yang dominan adalah unsur fosfor. Kandungan ini akan menutrisi akar sehingga proses pertumbuhannya cepat dan pembentukannya kuat.

2 Tahap Pertumbuhan

Ketika tanaman mulai tumbuh dan akarnya sudah cukup kuat, penggunaan pupuk dengan kadar nitrogen tinggi pun dibutuhkan. Bisa pula diberikan dengan kadar NPK yang seimbang. Namun, kadar unsur nitrogen yang lebih banyak akan memacu pertumbuhan tanaman secara maksimal, terutama dalam proses vegetatif. Contoh pupuk dengan NPK seimbang adalah Dekastar, Pupuk Mutiara, Growmore Hijau, Hortigro Hijau, dan lainnya.

3 Tahap Pembungaan

Ketika tanaman sudah berakar kuat dan berdaun lebat, saatnya memberikan pupuk tahap pembungaan. Pada tahap ini pupuk diberikan untuk merangsang munculnya bunga dan memberikan nutrisi untuk menjaga ketahanan bunga sehingga tidak mudah gugur atau layu. Tahap ini umumnya menggunakan kadar unsur P dan K yang lebih besar ketimbang N. Pupuk lain yang memiliki kadar K dan P lebih tinggi adalah Gandasil B, Growmore Orange, Hyponex Biru, dan lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.