Beda Material, Beda Mata Bornya

Pengguna bor, kini bukan hanya para teknisi atau tukang, tapi juga pemilik rumah. Juga bukan monopoli untuk pengguna laki-laki; kaum perempuan pun layak dan bisa menggunakannya dengan mudah.

Rumah - - Peranti - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO ABDUL HAKIM SANTOSO

Perkakas tangan yang satu ini cukup mengalami perkembangan yang signifikan. Dimulai dari bor tangan dengan pengoperasian secara manual hingga tersedia dalam bentuk pistol bertenaga listrik.

Ya, kehadiran mesin bor tangan ini memberikan banyak kemudahan, tidak hanya bagi para pekerja bengkel tapi juga konsumen rumah tangga. Pengoperasian yang mudah menjadikan mesin bor sebagai salah satu perkakas yang wajib dimiliki.

Pada dasarnya, prinsip kerja mesin bor adalah pada trigger yang ditekan dan akan menyalakan mesin kemudian membuat mata bor atau obeng bekerja dengan berotasi (memutar).

Fungsi perkakas ini beragam, di antaranya membuat lubang satuan, membuat lubang bertingkat, dan memperbesar lubang. Di pasaran mesin bor hadir dengan kelengkapan fitur yang berbeda-beda. Ada yang dilengkapi fitur screwdriver (obeng) adapula yang sekadar mesin bor. Umumnya, kebutuhan rumah tangga memerlukan dua fungsi sekaligus, yakni bor dan obeng. Jadi, satu alat untuk dua fungsi tentu akan lebih efisien, kan?

KOLEKSI ACE HARDWARE, LIVING WORLD, ALAM SUTRA, TANGERANG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.