Sertifikat Rumah HILANG

Rumah - - Konsultasi Properti Gudang Ide -

QNila Anastasia, Jakarta Timur

Pak Yulius, saya memiliki sebidang tanah dan bangunan rumah yang didapatkan dari warisan kedua orang tua saya. Saya berencana menjual tanah dan bangunan tersebut kepada orang lain. Tetapi, ada masalah yang saya hadapi. Pertama, sertifikat atas tanah dan rumah tersebut masih atas nama Ayah saya. Kedua, sertifikat tersebut telah hilang pada waktu terjadi banjir.

Pertanyaannya, apakah sertifikat tersebut masih dapat diurus meskipun nama yang tercantum dalam sertifikat tersebut bukanlah nama saya? Mohon nasihat hukum dari Bapak. Terima kasih.

AIbu Nila yth., terima kasih atas pertanyaannya. Sertifikat yang hilang dapat diterbitkan sertifikat baru sebagai sertifikat pengganti, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 57 Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah (“PP No. 24/1997”). Dalam hal pemegang hak atau penerima hak telah meninggal dunia, maka permohonan sertifikat pengganti dapat diajukan oleh ahli warisnya dengan menyerahkan surat tanda bukti sebagai ahli waris berdasarkan Pasal 57 ayat (3) PP 24/1997, sehingga nama penerima hak dalam sertikat pengganti tersebut akan tercantum nama ahli waris.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.