Ragam Mata Bor dan Fungsinya

Rumah - - Peranti -

1. Mata Bor Beton (Mansory Drill Bit)

Mata bor ini digunakan untuk pengeboran pada beton dan aneka batuan. Jenis ini memiliki ujung mata pisau tumpul dan biasanya terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat kuat. Varian ukurannya berbeda-beda tergantung keperluan.

2. Mata Bor Besi

Mata bor ini digunakan untuk aktivitas pengeboran pada aneka metal, seperti pelat besi, kuningan, atau aluminium. Umumnya badan mata bor berbentuk spiral dengan ujung mata berbentuk silinder rata. Mata bor besi ada pula tipe khususnya dan biasanya untuk keperluan khusus pula.

3. Mata Bor Kaca

Mata bor ini khusus untuk melubangi kaca dan aneka keramik. Ujung mata bor runcing dan berbentuk seperti tombak.

4. Mata Bor Kayu (Auger Bit)

Mata bor kayu yang satu ini memiliki ujung yang lebih runcing dan terdapat spiral kecil di bagian matanya. Bentuk ulirnya (spiral) tunggal, tidak seperti mata bor kayu standar yang ulirnya ganda. Biasanya penggunaan mata bor ini untuk putaran mesin (rpm) bor rendah.

5. Mata Bor Kayu (Standar)

Jenis mata bor kayu ada beberapa macam. Mata bor kayu yang satu ini diperuntukkan untuk aneka jenis kayu, akrilik, dan material lunak lainnya. Memiliki ujung runcing pada bagian tengahnya. Alur di bodi mata bor juga lebih lebar dibanding mata bor besi. Biasanya mata bor kayu ini digunakan untuk putaran mesin (rpm) tinggi.

6. Mata Bor Kayu (Flat Bit)

Mata bor kayu memiliki ukuran diameter lebih besar dibandingkan mata bor kayu standar. Bentuknya pipih dengan ujung mata bor runcing di bagian tengah. Biasanya penggunaan mata bor ini untuk bor tangan manual dengan putaran mesin (rpm) sangat rendah.

7. Hole Saw Metal

Mata bor ini digunakan untuk melubangi metal. Bentuknya lingkaran dengan ujung mata seperti gergaji. Tersedia dalam varian diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

8. Hole Saw Kayu

Jenis ini digunakan untuk membuat lubang yang lebih besar pada kayu, plastik, akrilik, dan material lunak lainnya.

9. Core Drill Bit

Jenis gergaji lubang ini digunakan untuk membuat lubang yang lebih besar pada permukaan beton, dinding, dan berbagai jenis batuan.

10. Diamond Drill Bit

Layaknya hole saw, jenis mata bor ini khusus digunakan untuk membut lubang pada material kaca, marmer, granit, dan keramik lantai. Tersedia dalam diameter yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.