Listrik Vs Baterai

Rumah - - Peranti -

Dulu perkakas tangan ini hanya menggunakan tenaga manusia sebagai motornya. Namun, saat ini bor tangan sudah tersedia dalam 2 sumber tenaga, yakni tenaga listrik (mesin bor listrik) dan tenaga baterai (mesin bor tanpa kabel).

Mesin bor yang menggunakan tenaga listrik ditandai dalam ampere, sedangkan baterai biasanya dinyatakan dalam voltase. Semakin tinggi ampere atau tegangan bornya, semakin besar pula kekuatan yang dimiliki. Semakin besar kekuatan, akan menciptakan semakin banyak torsi atau rotasi (percepatan gerakan memutar) yang dihasilkan.

Kelebihan mesin bor listrik ini adalah penggunaannya yang tidak perlu diisi ulang dan umumnya kekuatan yang dihasilkan lebih besar ketimbang mesin bor dengan baterai. Hamdani, Supervisor Tools Department ACE Hardware menjelaskan, kelemahan mesin bor listrik terletak pada kabelnya, sehingga lokasi penggunaannya terbatas. Dengan adanya kabel, Anda tidak bisa menggunakannya jauh dari stop kontak.

“Kalau secara kekuatan, mesin bor listrik lebih besar (kuat) ketimbang mesin bor baterai,” ujarnya.

Sementara itu, mesin bor tanpa kabel (baterai) menggunakan baterai isi ulang sebagai penggerak. Lokasi baterai berada di bawah pegangan pistol. Besaran voltase umumnya berkisar 9,6—18V. Layaknya mesin bor listrik, semakin tinggi voltase, semakin besar torsi yang dihasilkan. Namun, biasanya hanya dengan kapasitas 12—15,6V Anda sudah bisa menggunakannya untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Kelebihan mesin bor tanpa kabel adalah sifatnya yang fleksibel karena dapat dibawa dan digunakan di mana saja tanpa khawatir akan stop kontak, sedangkan kelemahannya terletak pada baterai.

Bila baterai habis atau berdaya lemah, maka mesin bor tidak dapat digunakan. Solusinya bisa dengan membeli baterai isi ulang, namun harga menjadi pertimbangannya. Baterai yang baik untuk jenis mesin bor ini adalah Lithium Ion (Li-Ion) karena waktu pengisian lebih pendek, lebih tahan lama, dan bobotnya lebih ringan. Hanya saja harganya tidak ramah di kantong.

Saat ini, baik model mesin bor listrik atau mesin bor tanpa kabel, telah dilengkapi kopling pengaturan. Semakin besar tingkat pengaturan kopling, semakin tinggi pula torsi yang dihasilkan.

Mesin bor listrik umumnya digunakan untuk pengeboran pada benda keras seperti beton dan aneka batuan karena kekuatan memutarnya yang lebih besar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.