Kecil-kecil Banyak Untungnya

Bagi Anda yang membeli rumah mungil, tak perlu berkecil hati. Rumah kecil tetap memiliki banyak manfaat, khususnya bagi keluarga modern yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Desain rumah memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas penghuninya. Apalagi, Anda yang hidup sebagai keluarga modern yang selalu dituntut hidup serba praktis, simpel, dan cepat. Ditambah, waktu untuk mengurus rumah terbilang sedikit karena aktivitas yang padat. Selain harus nyaman, rumah harus dapat mendukung semua hal di atas. Bahkan, rumah dapat menjadi tempat penyeimbang kehidupan dari tingkat stres yang tinggi. Lantas, apa hubungannya tingkat kesibukan yang tinggi dengan pemilihan rumah yang mungil? Tentu ada korelasinya.

Pertama, dengan minimnya luas ruang, dapat memaksimalkan pertemuan Anda dengan anggota keluarga. Ya, keterbatasan ruang yang dimiliki, membuat pertemuan antaranggota keluarga jadi sering. “Namanya tinggal di rumah mungil, mau beralih ke ruang mana pun, kemungkinan bertemu dengan anggota keluarga lain cenderung besar dibandingkan tinggal di rumah besar,” ucap Nirwana, desainer interior dari B’One Design, yang mendesain rumah contoh ini.

Kedua, waktu yang diperlukan untuk mengurus rumah, terbilang sedikit. Jadi, Anda masih bisa bersantai dan tidak berkutat dengan pekerjaan rumah. Bahkan, Anda masih bisa melakukan pekerjaan rumah ini sendiri dan tak perlu pembantu. Ini jelas memberi keuntungan tambahan bagi Anda yang tinggal di rumah kecil. Tentunya, Anda dapat menghemat pengeluarann biaya bulanan, kan?

Mungil Tak Ideal?

Kalau ada yang menyebut rumah mungil tidak layak dihuni, belum tentu benar. Karena, rumah mungil tipe 48m2 yang dibuat pengembang ini masih sangat ideal untuk dihuni. “Rumah ini mungil tetapi masih ideal dihuni, karena semua kebutuhan ruang masih terpenuhi. Khususnya, bagi Anda keluarga muda dan baru memiliki anak,” ucap Nirwana, yang dipercaya PT Cipta Nirwana Lestari, pengembang yang memasarkan rumah ini.

Ya, kalau diperhatikan, rumah ini memang mampu menampung semua ruang yang dibutuhkan dari sebuah rumah. Rumah ini masih memiliki ruang tamu/ruang keluarga, dapur, ruang makan, ruang tidur utama, ruang tidur anak, kamar mandi, dan ruang servis. Dengan adanya ruang-ruang ini, syarat rumah ideal sudah terpenuhi.

Lebih Pas dengan Furnitur Pesanan

Rumah mungil seperti ini cocok dengan furnitur yang simpel tanpa detail rumit. Furnitur jenis ini juga sangat cocok bagi penghuni rumah yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, karena minim perawatan. Penghuni tidak perlu susah payah merawat interior rumahnya, cukup mengelapnya dan semua furnitur akan terlihat rapi dan bersih.

Yang menarik, walau ukurannya mungil, rumah ini tak kehilangan sisi kenyamanannya karena furnitur di seantero rumah ini dibuat khusus. “Untuk ruang yang terbatas sebaiknya menggunakan furnitur pesanan. Proporsinya tepat, rumah jadi enggak terlalu kosong atau sempit,” ucap Nirwana.

Ya, furnitur pesanan adalah pilihan sempurna yang membuat interior rumah ini menjadi lebih maksimal dipergunakan. Rumah kecil pun tidak kehilangan kenyamanannya.

Dengan bukaaan yang lebar ke arah taman belakang, Anda bisa menikmati keindahan taman ini dengan leluasa dari dalam ruang. Saat siang, cahaya yang masuk ke dalam ruang jadi optimal dan tak perlu pencahayaan buatan.

Dominasi warna krem yang hangat dengan bubuhan warna jingga yang menyegarkan membuat ruang ini tampil memukau. Bisa dibawa santai tetapi tetap tampil ceria.

Ruang tidur utama, warna cokelat yang hangat dikombinasikan dengan hijau yang menyejukkan. Tidur pun makin santai dan tempat yang pas untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas.

Dapur dirancang dengan konsep desain yang bersih dan rapi. Desainnya dibuat simpel, karena gaya hidup modern biasanya tidak membutuhkan dapur yang kompleks. Yang penting ada kompor dan wastafel.

Tampak depan bangunan yang dirancang simpel tetapi terlihat tetap manis berkat hadirnya batu alam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.