mengolah Limbah Lewat Tanaman

Yuk daur ulang limbah cair ( grey water) rumah tangga Anda lewat tanaman. Lingkungan bersih, lingkungan rumah pun makin hijau.

Rumah - - Eksterior -

Anda berencana membuat taman di rumah? Kalau masih bingung ingin merancang jenis taman apa yang akan Anda hadirkan di pekarangan rumah, Anda bisa membuat taman ekoteknologi atau Ecotech Garden (ECO). “Taman ini, selain dapat menghijaukan pekarangan rumah, juga dapat mendaur ulang limbah grey water dengan menggunakan tanaman sebagai media pengubah airnya,” ucap Ratna Hidayat, penemu taman ekoteknologi dan juga peneliti pada Pusair Kementrian Pekerjaan Umum, Bandung.

Ya, menurut Ratna, keberadaan taman ini tak hanya membuat lingkungan Anda jadi bersih, tetapi ada banyak manfaat yang dapat Anda ambil dengan hadirnya taman ini. Apalagi, setiap orang pasti bergulat dengan limbah rumah tangga di dalam kehidupan sehari-harinya. Entah itu limbah grey water, yaitu limbah non-kakus yang berasal dari air bekas mencuci piring, mencuci pakaian, mandi, dan mencuci tangan. Atau, limbah black water, yaitu limbah yang berasal dari kotoran manusia.

“Taman ini idealnya digunakan untuk mengolah limbah grey water. Tetapi, tak menutup kemungkinan digunakan untuk mengolah limbah black water dengan syarat air limbah black water sudah di-treatment terlebih dahulu karena ada kecenderungan bau yang dapat mengganggu penghuni rumah,” ucap Ratna. Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuat taman ini? Inilah langkah-langkahnya.

TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

ILUSTRASI IRFAN HIDAYAT Ratna Hidayat, penemu taman ekoteknologi dan juga

peneliti pada Pusair Kementrian Pekerjaan

Umum, Bandung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.