MENCICIL CARA MUDAH WUJUDKAN TAMAN IDAMAN

Seperti kendaraan bermotor, taman juga bisa dicicil sehingga tak memberatkan kantong. Bukan dananya, tetapi pembuatannya. Bagaimana caranya? Ikuti ulasan di bawah ini.

Rumah - - Sudut -

Taman dipercaya dapat menaikkan citra rumah. Rumah akan terlihat lebih asri, tidak gersang, dan lebih “hidup”. Lebih jauh lagi, taman bisa menjadi penyeimbang kehidupan Anda di kala stres yang melanda setelah didera aktivitas segudang. Bahkan, taman dapat menjadi sarana dalam mempererat hubungan dengan seluruh anggota keluarga. “Yang pasti, menghadirkan taman di rumah itu lebih banyak manfaatnya. Udara rumah jadi bersih, lingkungan jadi sehat, pandangan mata jadi segar,” ucap Faisal Sabirin, arsitek lansekap PT Amtara Nirmala.

Faisal juga mengungkapkan bahwa taman yang cantik bukan hanya milik orang kaya yang rumahnya besar dengan taman luas. “Taman berlahan terbatas pun tetap bisa tampil cantik dan menarik,” ucap Faisal.

Yang penting dan perlu diperhatikan adalah Anda bisa merancang taman dengan tepat, menempatkannya dengan benar, dan merawatnya dengan hati. Penempatannya pun bebas tak terbatas; mau diletakkan di depan, di belakang, di samping, atau di atas rumah, bukan sesuatu yang patut dipermasalahkan.

Keluarkan Ide “Liar”-nya

Bagi Anda yang memiliki luas taman terbatas dan dana terbatas, jangan takut untuk “bermimpi” memiliki taman yang cantik dan menarik. Sedangkan, bagi Anda yang memiliki lahan luas, segera wujudkan taman impian Anda. Karena, mau luasan terbatas atau tidak, asal merancangnya dengan benar, taman Anda bisa tampil maksimal, bahkan dapat dikolaborasikan dengan elemen lainnya. Misalnya, taman plus gazebo, taman plus kolam, taman plus waterwall, atau taman plus area duduk-duduk.

“Anda tak perlu takut bermimpi memiliki taman yang tak hanya ditumbuhi tanamannya. Intinya, jangan batasi ide-ide liar Anda saat merancang taman. Biarkan saja berkembang dahulu, sortirnya belakangan,” ucap Faisal.

Apa yang Membatasi?

Menurut Faisal, hanya ada 2 hal yang bisa membatasi ide liar Anda saat merancang taman. Pertama adalah luas. Perhatikan luas yang tersedia, apakah masih memungkinkan untuk membuat taman plus gazebo, taman plus kolam ikan, atau taman saja. Karena idealnya, luas kosong untuk diisi tanaman tidak lebih kecil dari 1/3 luas total taman. Jadi, jika Anda ingin membuat taman plus gazebo, area kosong untuk diisi tanaman 1/3 dan luas gazebo maksimal adalah 2/3 dari total luas taman.

Kedua, fungsi yang ingin

Anda hadirkan. Fungsi ini sangat erat kaitannya dengan apakah taman ingin sekalian dibuat untuk tempat berkumpul atau tidak. Jika untuk tempat berkumpul, taman harus dilengkapi tempat dudukduduk, atau jika memungkinkan, dilengkapi gazebo. Jika tidak, taman hanya perlu diisi tanaman saja. Atau, taman plus kolam jika Anda hobi melihat keindahan ikan berenang. Selebihnya, tak ada yang bisa membatasi.

Dana Tak Cukup?

Bagi banyak orang, dana juga dapat membatasi ide membuat taman. Namun menurut Faisal, hal ini tidak masalah. Taman bisa dibuat bertahap.

Senada dengan Faisal, Nominanda WWT—arsitek lansekap, mengucapkan “Jika biaya belum cukup untuk membuat taman sampai selesai, bisa diakali dengan membuatnya secara bertahap. Namun itu harus dibuat dan disepakati master plan desainnya sejak awal.”

Desain taman memang harus disepakati dari awal, karena itulah yang akan menentukan langkahlangkah pembuatan taman dari tahap awal sampai akhir. Dari desain ini akan bisa dihitung dana yang diperlukan, kebutuhan taman, elemen apa yang harus ada, jenis tanaman apa yang harus ditanam, dan juga aksesori yang diperlukan.

Selain besarnya dana yang jadi pertimbangan, masalah estetika juga harus diperhatikan. Karena selama menunggu waktu sampai taman benar-benar jadi, tentu Anda tak ingin rumah Anda terlihat gersang atau sebaliknya becek karena tanahnya masih gundul.

Nah, berikut ini kami bahas tentang tahap-tahap pembuatan taman, disertai beberapa inspirasi taman. Selamat membuat taman!

IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com, JOHANNA ERLY WIDYARTANTI erly@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, ABDUL HAKIM SANTOSO

TEKS

LOKASI KEDIAMAN IR. YULIAN WARMAN-IR. LAINA NEFOS SADRIA

Unsur air juga diperlukan di taman. Suara air yang gemericik memunculkan nuansa kontemplatif yang menenangkan jiwa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.