INILAH TAHAPANNYA!

Rumah - - Sudut -

1 MENYIAPKAN DAN MENGURUK TANAH

Tanah sebagai media tanam harus siap ditanami. Yang Anda lakukan dengan penyiapan lahan ini adalah, membersihkan lahan dan memperbaiki kondisi tanah jika tanah tak subur. Biaya persiapan dan pengolahan dihitung per meter persegi.

Pengurukan dilakukan jika tanah tidak rata dan terlalu banyak puingpuing bangunan. Termasuk di dalam pekerjaan ini, adalah pembentukan kontur pada taman untuk mengatur tinggi rendah penanaman nantinya dan menciptakan komposisi tinggi rendah tanaman. Biaya untuk menguruk tanah dihitung setiap meter kubik.

Dalam tahap ini, Anda juga menyiapkan lahan sesuai peruntukannya. Mana yang nantinya ditanami, mana tempat gazebo, dan mana yang untuk kolam. Segala persiapan instalasi baik untuk penyiraman dan saluran air ke dan dari kolam nantinya, juga sudah dipersiapkan di tahap ini.

2 MEMBUAT PERKERASAN

Yang termasuk dalam kegiatan ini adalah pembuatan jalan setapak dan peletakan beberapa elemen keras (seperti batu-batuan) yang dapat dijadikan sarana untuk berjalan memasuki area taman. Karena, ketika belum ditanami tanaman sama sekali, lahan taman kita pastinya akan mudah becek ketika hujan. Jadikan master desain yang Anda miliki sebagai pedoman untuk menentukan posisi dan letak, serta bentuk dari jalan setapak ini.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk tahap ini di antaranya adalah: pemasangan paving block, pembuatan tanggulan sebagai dinding jalan setapak, dan konstruksi jalan setapak.

3

PENANAMAN

Jenis tanaman apa yang harus ditanam lebh dahulu? Ini sering menjadi pertanyaan banyak orang. Untuk menentukannya, sesuaikan dengan kebutuhan. Nominanda mencontohkan sebagai berikut.

Jika rumah Anda tak berpagar, maka salah satu tujuan membuat taman adalah sekaligus menjadi batas teritorial halaman rumah dan jalan. Untuk kasus ini, maka tanaman pagar ( jenis-jenis

4 MENGHADIRKAN ELEMEN PELENGKAP TAMAN

5 PENERANGAN DAN

AKSESORI

tanaman yang biasanya ditanam berjejer dan punya tajuk meninggi (bukan melebar), bisa ditanam paling duluan.

Ada pula yang ingin menjadikan tamannya untuk estetika dan menambah keindahan dengan hijau segarnya. Maka, Anda bisa menanami dulu hamparan lahan di taman dengan tanaman penutup tanah (rumput, kucai, kacang-kacangan). Dengan cara ini, meski taman Anda baru berisi hamparan rumput dan jalan setapak di beberapa bagian, namun taman Anda akan terlihat segar dan menggairahkan.

Langkah berikutnya, Anda bisa melengkapi taman Anda dengan tanaman jenis lain (semak, perdu rendah atau sedang), tanaman pelindung di bagian tertentu di tengah atau pojok taman, dengan mengikuti gambar yang ada pada desain taman Anda.

Biaya yang diperlukan untuk ini adalah biaya pembelian tanaman. Anda bisa menyesuaikan anggaran Anda di tahap ini dengan memeilih jenis tanaman yang tepat dan karakter yang sesuai seperti yang Anda harapkan.

Tahap berikutnya adalah menghadirkan elemen taman lain yang sudah direncanakan dalam master desain. Elemen itu bisa berupa gazebo, tempat duduk, atau kolam ikan.

Jika Anda ingin menghadirkan kehidupan lain di taman dengan adanya hewan-hewan peliharaan seperti ayam kate atau burung beo, maka bisa Anda lakukan juga di tahap ini.

Biaya pemesanan gazebo, pembuatan kolam, pembelian atau pembuatan bangku taman, pembelian sangkar dan binatang peliharaan, adalah biaya yang tak murah. Namun, dengan proses pembuatan yang bertahap maka Anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu sebelumnya.

Tahap ini adalah tahap Anda memasang lampu-lampu penerangan taman Anda. Letakkan di dinding pagar, di tengah taman, atau disorotkan ke arah salah satu tanaman yang menurut Anda punya bentuk unik dan menarik. Semua lokasi pemasangan lampu disesuaikan dengan rencana desain yang sudah dibuat. Aksesori lain seperti patung-patung atau pancuran, Anda lakukan di tahap ini.

Biaya yang harus Anda siapkan untuk tahap ini adalah biaya pembelian lampu, kabel, patungpatung, dan aksesori lainnya.

Nah, akhirnya di tahap ini, Anda pun bisa memberi sentuhan khusus yang menggambarkan kepribadian Anda. Dan selesailah taman idaman Anda. Selamat menikmati!

Pemilihan tanaman pagar berdasarkan pada pertimbangan lebar tajuk dan kemampuan bertambah tinggi. Jangan pilih tanaman yang terlalu lebar tajuknya karena akan terkesan rimbun dan tak rapi. Jangan pula yang terlalu tinggi karena kan menutup fasad rumah.

Tebal minimal jalan setapak adalah 6cm. Agar tak melesak masuk ke dalam tanah, dibuat konstruksi di bawahnya dengan plesteran semen.

Menghadirkan hewan peliharaan di taman adalah salah satu cara memberi kehidupan pada area taman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.