Salah Pakai Wajan, Kesehatan Terancam

Tahukan Anda bahwa tidak semua material wajan aman bagi kesehatan saat digunakan sebagai alat masak?

Rumah - - Peranti - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

N"gapain beli wajan yang mahal-mahal. Pakai antilengketlah, model anehanehlah. Orang pakai wajan yang murah aja, masakan tetap mateng kok,” ucap Suryani, ibu rumah tangga yang ditemui di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta yang sedang membeli wajan aluminium.

Ya, memang benar, apapun jenis wajannya, dapat membuat masakan matang. Tetapi, apakah masakan tersebut matang sempurna atau matang sebagian? Lebih jauh lagi, apakah wajan tersebut aman untuk memasak masakan yang akan dikonsumsi tubuh Anda atau tidak? Karena, ada beberapa material yang ternyata kurang cocok difungsikan sebagai alat masak, bahkan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

“Memasak ini hubungannya langsung dengan tubuh kita. Jadi, baik alat masak, bahan makanan yang akan diolah, dan proses memasaknya memang perlu diperhatikan. Jika enggak diperhatikan ya bisa membahayakan tubuh kita sendiri,” ucap Maulana Malik Ibrahim, Executive Chef Hotel Santika Premiere Bintaro.

Maulana juga menjelaskan, yang kadang orang lupa dari 3 hal di atas adalah alat masaknya. Ia mencontohkan penggunaan alat masak dari kayu. Apapun fungsinya, misal talenan atau spatula, kayu tidak baik digunakan sebagai alat masak. Selain menyerap bumbu, juga mudah ditumbuhi bakteri dan kuman.

Senada dengan Maulana, Johanes Ardi Wijatmoko, M.Sc, ahli kimia dari Analytical Chemistry High Performance Chemicals, perusahaan industri kimia, juga mengingatkan agar tidak asal memilih material yang berhubungan dengan kehidupan kita seharihari, termasuk saatt memilih alat memasak. “Sebenarnya, ini perlu penelitian yang lebih jauh. Tetapi, memang ada beberapa material yang bereaksi dengan senyawa tertentu. Misal, aluminium dengan cuka. Dalam kadar yang banyak, lapisan aluminium dapat terlepas dan akhirnya masuk ke tubuh lewat makanan. Aluminium ini bisa mengendap di ginjal dan masuk ke aliran darah,” ucap Ardi.

Yuk, kita kupas beberapa material wajan yang ada di pasaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.