Ingin Pasang Batu Alam

Rumah - - Peranti -

TANYA

Saya penyuka batu alam dan ingin mengaplikasikannya di sebagian dinding taman sebagai ornamen penghias. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana ya agar batu alam ini kuat terpasang walau selalu terkena hujan dan panas? Selain kuat terpasang, bagaimana agar batu alam ini tak ditumbuhi lumut atau jamur?

JAWAB

Salah satu masalah pemasangan batu alam, baik di dinding eksterior maupun interior, adalah mudah lepas. Ini disebabkan kualitas perekat yang kurang baik, cara pemasangan yang kurang tepat, dan punggung batu alam yang tidak rata.

Disarankan untuk menggunakan Sika TileFix-200 TA (Sikafix Tile Adhesive) yang memiliki daya rekat yang lebih kuat dibandingkan perekat biasa (semen dan pasir). Bahkan, produk ini cocok diaplikasi di area yang terendam air seperti kolam renang. Selain batu alam, produk ini juga bisa digunakan untuk merekatkan keramik, marmer, granit, dan mozaik.

Untuk lumut dan jamur, bukan masalah besar. Anda cukup menambahkan lapisan pelindung khusus batu alam, yaitu Sikagard 700 S (id) (tampilan natural) dan Sikagard 800 G (tampilan mengilap) pada permukaannya. Kedua pelapis ini bersifat menolak air, sehingga kotoran, lumut, maupun jamur, tak akan menempel di batu alam. Batu alam pun tampil cantik menghias taman dan bebas masalah.=

Sikagard 700 S (id) (Air tertahan pelapis dan batu tampil natural)

Sikagard 800 G (Air tertahan pelapis dan batu tampil mengilap)

Tanpa Sikagard (Air meresap dan masuk ke dalam batu)

Sika TileFix-200 TA

ini tersedia dalam kemasan 5 kg, 25 kg.

ini tersedia dalam kemasan 900ml dan 10lt, warna transparan.

Sikagard 700 S (id)

Sikagard 800 G ini tersedia dalam kemasan 900ml, warna transparan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.