Urus Sertifikat Sendiri Lebih Mudah dan Cepat

Pengurusan Sertifikat Hak Milik rumit dan lama? Tidak lagi. Kini, semuanya jelas, mudah, dan cepat. Bahkan, bisa selesai dalam satu hari!

Rumah - - Properti - TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian@tabloidrumah.com ILUSTRASI ANTON NUGROHO

Hamdani (53) akhirnya merasa lega. Tanah miliknya yang terletak di Kelurahan Bantarjati, Bogor, kini sudah berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM). Awalnya, tanah seluas 200m2, yang ia beli setahun lalu, merupakan tanah adat dengan status berbentuk girik.

Yang juga membuat Dani, biasa ia dipanggil, terkejut adalah prosesnya terbilang cepat. Tak sampai 4 bulan sejak mengajukan permohonan, sertifikat tanah bisa ia peroleh di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor. Ia mengurus sendiri proses pembuatan sertifikat tanahnya, tanpa melalui biro jasa (jasa pengurusan sertifikat).

Kini Lebih Cepat

Apa yang dialami oleh Dani, bukan cerita kosong. Pengalamannya dalam mengurus sendiri tanah girik miliknya menjadi SHM, bisa jadi jawaban untuk menepis keraguan dan keluhan pemilik rumah saat mengurus sendiri sertifikat tanahnya. Pasalnya, selama ini tidak sedikit orang mengeluhkan proses mengurus sertifikat di kantor BPN. Mengeluh lantaran tidak jelasnya prosedur pengurusan, waktu, dan biaya yang akan dikeluarkan.

Menurut Sumanto, Kepala BPN Bogor, sejak reformasi birokrasi digulirkan oleh BPN, proses pelayanan pengurusan hak dan sertifikat di institusi ini menjadi lebih cepat dan murah. “Tidak berbelit-belit, seperti opini yang berkembang di masyarakat selama ini,” ujar Sumanto.

Kini, ujar Sumanto, BPN Bogor sudah membuka pelayanan publik transparan, partisipatif dan inovatif, melalui loket pelayanan. Loket ini untuk menghilangkan persepsi- persepsi salah dari masyarakat yang akan mengurus sertifikat terhadap alas haknya.

“Masyarakat bisa bertanya dengan petugas loket mengenai semua persyaratan yang dibutuhkan termasuk biaya yang harus dibayar kepada negara. Pelayanan juga dilakukan online dengan server BPN pusat,” ujarnya.

Bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan berikut ini.

LOKASI: KANTOR BPN BOGOR

Mengurus sendiri sertifikat tanah di kantor BPN, kini lebih mudah dan cepat.

“Tidak berbelit-belit, seperti opini yang berkembang di masyarakat selama ini,” Ketua BPN Bogor, Sumanto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.