Girik ke SHM Cepat, Hanya 98 Hari!

SEGERA TINGKATKAN STATUS TANAH GIRIKNYA MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK SUPAYA TIDAK BERMASALAH DI KEMUDIAN HARI BRO !!

Rumah - - Properti -

LALU, bagaimana proses menyertifikatkan tanah girik menjadi SHM? Untuk wilayah Bogor, menurut Sumanto, SOP-nya selesai dalam waktu 98 hari kerja. Waktu yang lebih lama, menurut Sumanto, karena pada pengurusan girik ada proses pengumuman data yuridis di Kelurahan dan BPN. Data yuridis permohonan hak tanah tersebut diumumkan selama 60 hari.

Pengumuman tersebut bertujuan supaya memenuhi pasal 26 PP No. 24 Tahun 1997, yaitu untuk menjamin bahwa permohonan hak tanah ini tidak ada keberatan dari pihak lain.

Dulu, ada anggapan bahwa untuk mengubah Girik menjadi SHM, perlu dilakukan pengubahan menjadi Hak Guna Bangunan terlebih dahulu. Namun ternyata tidak. Girik bisa langsung diubah menjadi SHM. Berikut tahap-tahap yang harus dilalui. 1. Mengurus surat rekomendasi dari lurah/h/camat perihal tanah yang bersangkutan, yang menyatakan bahwa atas tanah tersebut belum pernah disertifikatkan. 2. Mengurus surat keterangan riwayat tanah. Surat keterangan ini berfungsi untuk menerangkan secara tertulis riwayat penguasaan tanah sejak awal (mulai ada pencatatan di kelurahan) sampai dengan penguasaan saat ini. 3. Mengurus surat keterangan tidak sengketa dari RT/RW/

lurah. 4. Mengajukan permohonan sertifikat dengan melampirkan dokumen-dokumen yang diurus di kelurahan, dilengkapi dengan syarat formal sebagai berikut. • Fotokopi KTP dan KK pemohon. • Fotokopi PBB tahun berjalan. • Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan oleh undang-undang. 5. Peninjauan lokasi dan pengukuran tanah oleh kantor pertanahan. Pengukuran ini dilakukan setelah berkas permohonan lengkap dan pemohon menerima tanda terima dokumen dari kantor pertanahan. 6. Pengesahan surat ukur. Hasil pengukuran di lokasi akan dicetak dan dipetakan di BPN dan surat ukur disahkan atau tandatangani oleh pejabat yang berwenang, pada umumnya adalah Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan. 7. Penelitian oleh petugas panitia A. Setelah surat ukur ditandatangani, dilanjutkan dengan proses Panitia A yang dilakukan di Sub Seksi Pemberian Hak Tanah. Anggota Panitia A terdiri dari petugas dari BPN dan lurah setempat. 8. Pengumuman data yuridis di Kelurahan dan BPNB. Data yuridis permohonan hak tanah tersebut diumumkan di kantor kelurahan dan BPN selama 60 hari. 9. Pengesahan pengumuman. 10. Penerbitan sertifikat tanah. Setelah jangka waktu pengumuman terpenuhi dilanjutkan dengan penerbitan SK Hak atas tanah, tanah girik akan berubah menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.