DINDING RETAK STRUKTUR

Rumah - - Solusi -

Solusi Ahli

Dinding yang memiliki retak yang lebarnya lebih dari 3mm dan tembus ke dinding sisi sebelahnya, bisa dipastikan mengalami retak struktur. Kalau letak retak ada di

Saya awalnya cuek dengan kondisi dinding ruang makan saya yang retak. Letaknya di dinding bagian bawah. Tapi, lama-kelamaan, retaknya makin besar dengan lebar retakan hampir 1cm. Ini kenapa, ya? Bagaimana cara mengatasinya? Sherly Margaretha, Cikarang dinding bagian bawah, saya perkirakan akibat dari fondasi yang menurun karena tanah tidak mampu mendukung beban yang diterima oleh fondasi. Biasanya, ini terjadi di tanah yang dibangun di atas sawah dan tidak melalui proses pemadatan yang sempurna.

Untuk memastikan sumbernya, saya sarankan membongkar lantai dan menggali tanah di samping fondasi. Tetapi, jika dinding Anda tidak berbatasan langsung dengan tetangga, Anda dapat menggalinya di bagian luar dinding (tak perlu bongkar lantai). Jika retaknya dikarenakan tanah tidak mampu menahan beban yang diterima fondasi, ciri fisik yang paling terlihat adalah adanya patahan pada fondasi maupun sloof secara vertikal.

Untuk mencegah agar fondasi tidak turun kembali, lakukan pemadatan tanah dengan menggunakan kayu berdiameter 10cm dan panjang 100cm lalu ketok-ketok dengan menggunakan palu besar (biasa disebut bogem). Jika penurunan dan retaknya tidak besar, Anda tak perlu membongkar fondasi, cukup suntikkan lem beton (Stirobond atau Calbond) untuk merapatkannya.

Untuk perbaikan sloof, kerok lapisannya sedalam 5cm dan tambahkan tulangan dengan diameter 10cm. Lalu, lakukan pengecoran tambalan. Sebelum dicor sebaiknya gunakan lem beton di antara retakan.

Untuk perbaikan dinding, lakukan penambalan pada plesterannya. Tetapi, sebelum diplester, suntikkan lem beton di antara retakan. Jika Anda masih ragu, silakan hubungi ahli struktur.

ir. djoko Susilo Mt, kontraktor bangunan Pt Maju Jaya Kontruksi Bersama

ILUSTRASI

IRFAN HIDAYAT

IRFAN HIDAYAT

ILUSTRASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.