DINDING RETAK RAMBUT

Rumah - - Solusi -

Dinding di rumah saya retak-retak kecil. Kata teman saya yang main ke rumah, itu adalah retak rambut. Bagaimana cara mengatasinya, karena catnya jadi mengelupas?

Yenni nuraeni, tasikmalaya

Solusi Ahli

Retak rambut adalah retak yang terjadi di dinding dengan ukuran sekitar 1 mm. Meskipun kecil, biasanya jumlah retak rambut pada bangunan cukup banyak dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar.

Retak rambut termasuk retak nonstruktural (bukan pada struktur). Umumnya diakibatkan komposisi plesteran (adukan semen, pasir, dan air) yang tidak dalam takaran yang tepat atau terlalu banyak pasir atau semen. Memplester dinding saat pasangan bata belum kering juga dapat menyebabkan retak rambut. Penyebab lainnya adalah pengerjaan di bawah terik matahari, yang membuat plesteran tidak mengering sempurna dan bagian permukaan mengering terlalu cepat dibanding bagian dalam.

Cara untuk memperbaiki retak rambut adalah sebagai berikut. • Kupas atau kerokrok seluruh lapisan cat, sekaligus lapisan aciannya dengan bantuan kape atau sikat kawat. • Ampelas dengan menggunakan ampelas

kasar hingga permukaan acian terlihat. • Bersihkan permukaan acian dinding dengan roll yang dibasahi air bersih atau lap basah untuk menghilangkan kotoran dan debu sekaligus melakukan untuk melembapkan dinding. • Tutup/isi celah-celah pada lokasi retak

rambut dengan semen khusus. • Biarkan kering selama kurang lebih 1 minggu dan setelah kering lapisi dengan acian. • Setelah acian kering sempurna, lakukan pengampelasan agar halus kemudian lapisi lagi permukaan dinding dengan cat dasar dan keringkan selama 2x24 jam. • Lakukan pengecatan sesuai dengan cat yang Anda sukai.

ir. djoko Susilo Mt, kontraktor bangunan Pt Maju Jaya Kontruksi Bersama

Solusi Sahabat Rumah

Saya pernah mengalaminya. Waktu itu tukang mengerok lapisan catnya, dibersihkan dari debu, lalu dicat ulang.

deni Suhendra, Bandung

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.