DINDING DAPUR RETAK

Rumah - - Solusi -

Dinding dapur saya diberi tambahan lemari kabinet. Fungsinya buat penyimpanan. Saya bingung, belakangan di area itu dindingnya retak. Sudah saya kurangi peralatannya, tapi retaknya makin banyak. Perlukah saya lepas lemari kabinetnya? Bisakah dinding diperbaiki? Susi Susilowati, Bogor

Solusi Ahli

Kalau yang saya tangkap dari cerita Anda, sepertinya dinding Anda memang tidak dipersiapkan untuk menahan beban berat. Atau, sudah dipersiapkan tetapi gagal karena penggunaan material untuk dinding, khususnya yang berhubungan dengan plesteran, tidak sempurna. Dinding plesteran dulunya kebanyakan pasir. Sebaiknya segera lepas kabinet dapur Anda karena ada kemungkinan dinding ambrol. Jika memang ingin menaruh lemari, Anda harus memperkuat struktur dinding. Selain itu, gunakan angkur saat memasangnya karena lebih kuat menahan beban.

ir. djoko Susilo Mt, kontraktor bangunan Pt Maju Jaya Kontruksi Bersama

Solusi Sahabat Rumah

Saya pernah mengalami kejadian seperti itu, nih. Lagi tidur, ada suara jatuh dan kayak bom, ternyata lemari kabinet dapur ambruk. Katanya, gara-gara dinding enggak kuat menahan beban. Setelah kejadian itu, saya pakai lemari full, enggak gantung lagi.

dedi Mahendra, Bumi Serpong damai

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.