MENEBAR VIRUS PEDULI LINGKUNGAN

Belasan komunitas dan kelompok sosial masyarakat yang tergabung di forum ini kompak melakukan berbagai aksi nyata untuk memasyarakatkan peduli lingkungan. Semua itu mereka lakukan untuk mewujudkan Bogor menjadi “kota hijau”.

Rumah - - Koridor -

Bogor merupakan salah satu kota di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Program ini digulirkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2011, yang bertujuan untuk mewujudkan Kota Hijau di Indonesia yang berkelanjutan (inklusif dan komprehensif). Diharapkan, pada tahun 2050 nanti, kota dan kabupaten yang terpilih dalam program P2KH ini sudah menyandang predikat kota hijau.

Untuk mendukung program P2KH tersebut, maka Pemda Bogor wajib melaksanakan 8 atribut yang disyaratkan. Atribut tersebut adalah green open space, green waste, green building, green water, green transportation, green energy, dan green design. Yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah adanya Forum Komunitas Hijau (FKH).

“P2KH bisa dilaksanakan jika ada FKH. Oleh karena itu FKH harus tersedia dan aktif di sebuah kota yang dikatakan kota hijau,” ujar Nirwono Joga, anggota tim P2KH Kementerian Pekerjaan Umum (PU). “FKH inilah yang akan memengaruhi masyarakat untuk melakukan aktivitas yang tak lepas dari delapan atribut yang dipersyaratkan dalam P2KH itu,” tambahnya.

Siapakah FKH Bogor?

Untuk memenuhi persyaratan P2KH itu, pada bulan Juli 2012 dibentuklah Forum Komunitas Hijau Bogor. Forum ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Kota Bogor merencanakan, mengawasi, dan mengawal secara langsung pembangunan taman kota.

“Tugas utama forum ini ikut mengawal pembangunan taman kota. Dengan masukan dari masyarakat, maka pembangunan taman akan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Pepi T. Riadi, Sekretaris FKH Bogor.

Keanggotaan FKH Bogor berasal dari komunitas dan kelompok masyarakat Bogor yang sudah ada dan beraktivitas dalam pelestarian lingkungan hidup. Keanggotaannya bersifat sukarela, non-profit, independen, dan tidak berafiliasi pada partai politik.

“Saat ini, ada belasan komunitas dan kelompok sosial yang menjadi anggota FKH Bogor,” tambah Pepi. Beberapa di antaranya adalah komunitas pencinta skateboard, fotografi, dan lansekap. Juga ada kelompok sosial masyarakat yang peduli Kali Ciliwung dan Konsorsium Peduli Bogor.

Aksi Nyata dan Festival

Selain itu, FKH Bogor juga diberi tugas untuk ikut menyosialisasikan gerakan cinta lingkungan kepada seluruh masyarakat. Tugas ini dijalankan melalui berbagai kegiatan, seperti program Aksi dan Festival Hijau yang dilasanakan pada Juni 2014 lalu. Dalam kegiatan ini, berbagai acara ramah lingkungan telah dilakukan, seperti menanam pohon di bantaran Sungai Ciliwung, memulung mulung sampah, jalan sehat, lari sehat, lomba menggambar, lomba mewarnai, hingga fashion show recycling.

“Pada kegiatan memungut sampah, masyarakat dapat menjual sampahnya ke Bank Sampah,” tutur Pepi.

Dianggap berhasil, Pemda Bogor bersama FKH Bogor, akan melaksanakan kembali acara yang sama, Aksi dan Festival Hijau pada 22-23 November 2014. Pepi mengatakan, pada acara ini, masyarakat juga bisa menyaksikan acara nonton bareng film mengenai burung dan hutan. Acara lainnya, yaitu dongeng burung, pagelaran musik, serta pameran tanaman dan produk daur ulang plastik. “Nanti ada juga lomba melukis di pot untuk anak-anak, serta lomba dan pameran foto tentang wajah Kota Bogor,” ujarnya.

Pepi berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan minat anak-anak dan warga Kota Bogor untuk peduli lingkungan. Sehingga, masyarakat akan berpartisipasi merawat lingkungannya.

Peta Komunitas Hijau

Tidak hanya itu. Forum Komunitas Hijau Kota Bogor juga berhasil membuat Peta Komunitas Hijau Bogor. Peta ini bertujuan untuk membantu warga mengenali potensi lingkungan ruang terbuka hijau (RTH) dan sebagai masukan untuk Rencana Induk Kota Hijau yang meliputi 8 atribut.

Peta ini menampilkan sumber-sumber daya lingkungan, seperti RTH dan berbagai aktivitas masyarakat, yang terkait dengan 8 atribut kota hijau.

Pepi berharap, melalui berbagai program dan kegiatan yang sudah dan akan terus dilakukan, masyarakat Kota Bogor akan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Selain itu predikat green city bisa diraih.

BOGOR KOMUNITAS HIJAU DOK. FORUM

Juni 2014. Hijau Kota Bogor, Hijau dan Aksi sampah di Festival Aksi memungut

TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian@tabloidrumah.com

Forum Komunitas Hijau Bogor berfoto

bersama Walikota Perkotaan, Kementrian Bogor,

Bima Arya Sugiarto PU, Dadang Rukmana berjudul “Gerakan sebelum dan Direktur

shooting Menuju Kota Hijau”. sebuah acara

di Kompas TV,

acara Festival fashion show

recycling pada mengikuti lomba Anak-anak yang Juni 2014.

Hijau Kota Bogor, Hijau dan Aksi

Sosialisasi masalah

lingkungan kepada bertema lingkungan. anak-anak melalui lomba

mewarnai

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.