Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2 - 2014

Rumah - - Propan Arsitektur Nusantara -

PT Propan Raya kembali menggelar Sayembara Desain Arsitektur Nusantara untuk kedua kalinya. Desa Wisata Nusantara menjadi tema sayembara kali ini. Pemilihan tema ini bertujuan agar para arsitek dan desainer interior menyadari pentingnya usaha melestarikan desa wisata sebagai bagian dari Arsitektur Nusantara, yang juga merupakan bagian dari kearifan lokal Indonesia. Desa wisata yang didesain dengan baik akan mengangkat budaya bangsa Indonesia sekaligus menjadi ikon pariwisata yang menarik minat wisatawan dunia.

Arsitek dan desainer interior yang akan berpartisipasi dalam sayembara ini akan diminta memilih satu dari 4 site yang telah ditentukan, yakni Desa Tumori (Nias, Sumatera Utara), Sembalun Lawang (Nusa Tenggara Barat), Desa Sesean Matallo (Sulawesi Utara), atau Desa Messah (Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur). Di desa tersebut peserta wajib merevitalisasi fasilitas umum untuk wisatawan yang hendak ke desa tersebut, serta membuat ikon desa agar desa tersebut memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Desain desa wisata ini juga harus merangsang penduduk desa tersebut agar menjadi kreatif sehingga berdampak terhadap peningkatan taraf hidup penduduk setempat melalui keunikan arsitekturnya, juga melalui seni, budaya, dan kuliner desa.

Untuk menilai hasil karya yang masuk, Propan menggandeng arsitek dan desainer yang mumpuni di bidang arsitektur Nusantara yakni, Yori Antar (Ketua Dewan Juri), Prof. Dr. Ir. Josef Prijotomo M. Arch, Endy Subijono, Naning Adiwoso, Dharmali Kusumadi, Satrio Suryo Herlambang, B.Arch, MUD, IAI, dan Gede Kresna.

Sayembara yang menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Green Building Council Indonesia, INIAS Resources Center, Yayasan Rumah Asuh dan Eljhon Pageant Indonesia, serta didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan dimulai 1 Oktober 2014. Pendaftaran berakhir 31 Januari 2015, sementara karya dapat dimasukkan hingga 29 Februari 2015. Untuk info lebih lengkap dapat melihat situs

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.