Langkah-langkah

Rumah - - Do It Yourself -

1 Pilih cat khusus kayu. Cat yang kami pakai adalah cat merek Propan jenis Aqua Politur, warna Walnut. Cat jenis ini dipilih karena tidak mengeluarkan bau, seperti cat pada umumnya. Bahan dasarnya pun air—sehingga lebih hemat karena tidak perlu membeli terpentin— dan yang pasti, pengerjaannya mudah.

2 Sebelum proses pengecatan, ampelas terlebih dahulu semua permukaan furnitur untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pengampelasan ini diperlukan agar cat baru dapat merekat dengan baik ke furnitur. Karena furnitur yang akan dicat ulang bukan terbuat dari kayu solid, tetapi multipleks ber- finishing

veneer, ampelas yang digunakan adalah ampelas dengan permukaan halus. Tujuannya, agar proses pengampelasan tidak sampai merobek lapisan veener. Setelah selesai diampelas, lap semua permukaan furnitur dari debu sisa pengampelasan.

3 Sebelum dipakai, aduk cat selama 3-5 menit. Satu menit pertama, aduk searah jarum jam. Selanjutnya, aduk berlawanan arah jarum jam. Pengadukan ini wajib dilakukan karena dikhawatirkan ada pengendapan bahan tertentu di dalam cat hingga komposisi cat jadi tidak seimbang.

4 Encerkan cat dengan air. Jumlah volume air maksimal 10% dari total cat. Jika lebih dari itu, cat akan terlalu encer yang mengakibatkan daya tahan cat terhadap furnitur berkurang. Jika medianya tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan alat bantu, yauitu sendok makan.

5 Ambil kuas busa, celupkan ke dalam cat dan kuaskan ke semua permukaan furnitur kayu. Pengecatan harus dilakukan searah serat kayu agar hasil pengecatan sempurna. Untuk pengecatan furnitur, disarankan menggunakan kuas busa agar tidak meninggalkan bekas kuas. Jangan gunakan kuas ijuk, benang, nilon, atau plastik, karena akan meninggalkan bekas kuasan.

6 Keringkan furnitur. Karena tidak berbau, proses pengeringan dan pengecatan ini bisa dilakukan di dalam ruangan, dengan syarat ada sirkulasi (jendela) di dalam ruang. Tidak diperkenankan untuk dijemur di bawah terik matahari karena dapat menyebabkan bubble, yaitu proses penggelembungan udara akibat pemuaian material kayu hingga mendorong lapisan cat yang belum menempel sempurna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.