Kesan “Mentah” yang Kian Digemari

Tema interior industrial kian menjamur, tak heran bila tampilan dinding rastik ( rustic) semakin menjadi primadona. Cara membuatnya tidak terlampau sulit, lho!

Rumah - - Interior - TEKS CANDELLA SARDJITO candella@tabloidrumah.com

Pernahkah Anda menemukan dinding berciri-ciri berikut: permukaan kasar, seperti pembangunan yang belum rampung; warna material “mentah”; serta tampilan yang menyerupai rumahrumah pedesaan atau bahkan pelapis bangunan pabrik?

Jangan anggap remeh! Mungkin beberapa tahun silam, ketika interior serba-modern masih digemari, dinding-dinding ini akan dianggap kumuh, murahan, dan tidak ada menariknya sama sekali. Namun, layaknya dunia fesyen, tren desain interior bergulir begitu cepat. Tampilan rastik ( rustic) merupakan salah satunya.

Awalnya, tampilan rastik ini hanya populer dalam desain ruang publik, seperti pada toko, kafe, dan restoran. Namun, belakangan ini, sudah banyak pemilik hunian yang ingin mendandani interior rumahnya dengan tampilan “mentah” tersebut.

Menurut Lukie Widya, seorang desainer interior asal Bandung, tampilan rastik berasal dari kata “rust” dalam bahasa Inggris, yang berarti karat atau berkarat. “Sebenarnya, rastik merupakan tampilan fisik sebuah produk yang mengekspos tekstur asli material,” ujar Lukie menjelaskan. Desainer muda ini menambahkan pula, seringkali orang awam melihatnya sebagai satu kesatuan dengan tema industrial. “Padahal tampilan rastik enggak selalu berkaitan dengan tema industrial. Bisa juga berhubungan dengan konsep lainnya,” tambah Lukie.

Kesan rastik bisa didapat dari elemen ruang manapun, termasuk dinding. Meskipun pada konsep awalnya, tampilan ini menuntut tekstur asli sebuah material, kini pemahaman tentang rastik sudah jauh bergeser. Kesan “mentah” dan “kasar” pun menjadi sesuatu yang dibuat khusus, sesuai permintaan pemilik hunian.

Ingin mengenal lebih jauh, seperti apa inspirasi dinding rastik yang bisa Anda terapkan di rumah, cara-cara membuatnya, dan tip penerapannya? Berikut adalah beberapa contohnya.

FOTO JOU ENDHY PESUARISSA LOKASI RUMAH KERINCI, JALAN KERINCI III NO. 9, KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN DESAINER INTERIOR 2MADISON DESIGN HOUSE

FOTO ARIF BUDIMAN LOKASI KEDIAMAN DR. SONY SWASONOPRIJO – DRG. SPORT DAN IR. YUNILA LATIF, FATMAWATI, JAKARTA SELATAN

ARSITEK ENDY ERSAL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.