LEMARI BUKU SATUKAN DENGAN RUANG LAIN

Konon ada pepatah mengatakan, rumah yang memiliki perpustakaan memiliki jiwa. Anda pun bisa menciptakan perpustakaan pribadi dengan membuat lemari buku yang ideal.

Rumah - - Sudut - TEKS MARIA JACLYN jaclyn@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Punya perpustakaan yang bisa memuat semua buku koleksi, memang impian sebagian besar orang, terutama untuk si kolektor buku. Namun, impian ini seringkali pupus karena perpustakaan hampir selalu diasosiasikan dengan ruangan yang luas, berisi banyak rak buku dan sofa besar, yang tentu tidak cocok diterapkan di rumah kecil.

Jangan berkecil hati dulu! Untuk menciptakan ruang baca yang nyaman, kita tak harus membuat ruangan khusus sebagai perpustakaan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruang baca yang nyaman dan cocok diaplikasikan di rumah mungil.

Hanya 1 hal paling penting yang dibutuhkan: lemari buku. Jika lemari buku yang kita pilih dapat berfungsi maksimal, buku koleksi pun senantiasa aman terlindungi. Tentunya, rumah pun tetap terjaga kerapiannya setiap hari.

Nah, untuk membantu Anda merealisasikan lemari buku ideal, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Lokasi

Hal utama yang harus menjadi pertimbangan saat merancang area baca adalah lokasi untuk meletakkan rak buku. Jika membuat ruang baca sendiri tidak maksimal, kita dapat mengakalinya dengan menyatukan fungsi ruang baca dengan fungsi ruang lainnya, misalnya dengan ruang kerja, ruang keluarga, atau ruang tidur.

Bentuk lemari penyimpanan bisa beraneka ragam. Lemari bisa diletakkan di atas lantai, bisa juga bertengger pada dinding seperti ambalan. Dari segi fungsi, lemari buku bisa disatukan dengan fungsi elemen interior lainnya, misalnya dengan partisi, dengan kabinet televisi, dengan meja kerja, dan lainnya.

Spesifikasi

Ketebalan rak buku idealnya 30cm, dengan tinggi masing-masing rak minimal 30cm. Ukuran rak dapat disesuaikan dengan jenis buku yang akan diletakkan, apakah kamus atau ensiklopedia, novel, ataupun majalah.

LOKASI KEDIAMAN MULYADI OEY, KEBON JERUK, JAKARTA BARAT

Lemari buku dapat diletakkan di ruang kerja karena fungsinya tak jauh berbeda. Seperti pada lemari melayang yang dipasang di area tinggi ini, buku dapat disusun di rak dengan rapi, bersama peralatan

kantor dan kotak penyimpanan.

Rak buku yang fungsinya disatukan dengan furnitur lain, dapat menjadi solusi di ruang terbatas. Pada inspirasi ini, rak buku dipasang pada sisi sofa, sehingga selain rapi, buku juga dapat dijangkau dengan mudah dari sofa.

Rak yang cukup tinggi membuat lemari buku ini dapat digunakan untuk menyimpan buku-buku besar seperti kamus dan ensiklopedia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.