LEMARI PAKAIAN KARENA BESAR, LETAKNYA HARUS BENAR

Meski ukurannya besar, lemari pakaian tetap bisa diakali posisi dan bentuknya agar tak membuat ruangan sempit.

Rumah - - Sudut - TEKS MARIA JACLYN jaclyn@tabloidrumah.com

Besar dan lebar. Lemari pakaian umumnya menghabiskan cukup banyak area di dalam ruangan. Bahkan jika memiliki cukup ruangan, cukup banyak juga orang yang tak segansegan membuat area walk-in

closet tersendiri untuk memenuhi kebutuhannya menyimpan pakaian dan pernik pribadi lainnya.

Lemari pakaian memang salah satu furnitur penting yang harus dimiliki rumah tinggal sejak awal. Jika Anda memilih konsep rumah tumbuh dan memutuskan untuk mengisi rumah pelanpelan, pastikan lemari pakaian berada pada daftar teratas, karena fungsinya yang penting ini.

Jika fungsinya dimaksimalkan, lemari pakaian tak hanya dapat digunakan untuk menyimpan pakaian, tapi bisa juga digunakan untuk menyimpan barang lain dengan berbagai ukuran, juga dibuat terintegrasi dengan furnitur lain, misalnya rak pajang dan meja rias.

“Untuk rumah kecil, biasanya bisa diakali dengan menggunakan bagian furnitur sebagai pengganti penyimpanan, misalnya di bawah ranjang dan sofa,” tutur Erwin W. Hawawinata, Principal Architect Hawawinata & Associates.

Untuk membantu Anda merancang lemari pakaian ideal, berikut ini beberapa hal yang harus menjadi perhatian.

Lokasi

Jika ruang tidur Anda memiliki akses kamar mandi sendiri, dekatkan lemari pakaian dengan pintu kamar mandi. Ini akan meminimalisasi pergerakan aktivitas di dalam ruangan dan memudahkan Anda memindahkan pakaian dari dan ke kamar mandi.

Agar ruangan tidak terbebani dengan ukuran lemari pakaian yang sangat besar, letakkan lemari pakaian bersandar pada salah satu bidang dinding yang luas. Posisi ini akan mengurangi gangguan blocking secara visual, yang dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.

Spesifikasi

Ketebalan lemari pakaian idealnya 60cm, dengan tinggi total minimal 200cm. Namun ukuran ini pun tak mengikat, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Misalnya, jika kamar terlalu sempit dan kebutuhan penyimpanannya cukup banyak, lemari pakaian bisa dibuat dengan ketebalan 50cm dan setinggi dinding.

DOK. IKEA INDONESIA

LOKASI SHOWUNIT 1PARK RESIDENCES, JAKARTA SELATAN FOTO TAN RAHARDIAN

Tersaji dalam berbagai ukuran rak, lemari pakaian ini dapat menampung berbagai jenis pakaian dan pernik. Kotak penyimpanan pada area atas rak dapat digunakan untuk menyimpan pernik atau pakaian yang berukuran kecil, misalnya perhiasan,

dasi, selendang, dan sebagainya.

Selendang dapat digantung pada rak khusus sehingga rapi dan mudah terlihat. Atau bisa juga dimasukkan ke dalam laci khusus dan dikumpulkan agar tidak berceceran.

Untuk penghuni yang gemar mengumpulkan dasi, dapat membuat rak penyimpanan dasi ini sehingga

selalu rapi dan tidak mudah hilang atau rusak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.