LEMARI SEPATU DAN TAS PERHATIKAN CARA MENYIMPANNYA

Penyimpanan sepatu dan tas sering kali terabaikan, padahal perannya sangat penting dalam menjaga kerapian rumah.

Rumah - - Sudut - TEKS MARIA JACLYN jaclyn@tabloidrumah.com FOTO TAN RAHARDIAN

Meski bukan kolektor, seseorang biasanya memiliki lebih dari sepasang sepatu dan sebuah tas. Untuk sepatu, bisa terdiri dari 4 pasang, yang terdiri dari sepatu santai, sepatu formal, sepatu pesta, dan sepatu olahraga. Sedangkan tas minimal 3 jenis, yaitu tas kerja, tas santai, dan tas ransel. Untuk kolektor, jumlahnya bisa 2, bahkan 10 kalinya.

Belum lagi jika rumah terdiri dari beberapa anggota keluarga. Keluarga dengan 4 orang anggota, jika dikalikan dengan kebutuhan di atas, misalnya, butuh lemari sepatu untuk menampung minimal 16 pasang dan lemari tas yang cukup untuk 12 buah. Terbayang kan, ukuran lemari yang dibutuhkan?

Selain dari segi kebutuhan, ada beberapa hal lain yang harus dipertimbangkan juga dalam membuat rak sepatu dan tas. Principal Architect Hawawinata & Associates, Erwin W. Hawawinata menjelaskan, beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah dimensi, sirkulasi dan kelembapan udara, pencahayaan, dan penempatan barangnya.

Untuk membantu Anda menentukan lemari sepatu dan tas yang ideal dan sesuai kebutuhan, inilah hal yang harus diperhatikan.

Lokasi

Lemari sepatu dan tas memiliki pendekatan yang berbeda dari segi lokasi. Lemari sepatu umumnya diletakkan di area foyer atau dekat pintu masuk utama, di mana kita bisa dengan mudah melepaskan sepatu pergi, menyimpannya, dan memakai sepatu rumah. Anda bisa memilih jenis tertutup dan mengombinasikannya dengan fungsi credenza untuk memajang barang di atasnya. Atau bisa juga meletakkan lemari sepatu ini di teras jika kompleks rumah Anda aman.

Sedangkan untuk lemari tas, biasanya diletakkan di dekat lemari pakaian. Bedanya, lemari tas biasanya membutuhkan ruang yang cukup luas karena kebanyakan tas wanita tidak boleh ditekuk atau bergesekan dengan barang lainnya.

Spesifikasi

Ukuran lemari sepatu bervariasi, tergantung cara menyimpan. Lebar lemari bisa disesuaikan dengan lebar sepatu, yaitu minimal 20cm, ataupun panjang sepatu, yaitu minimal 40cm. Ukuran yang lebih luas tentu dibutuhkan untuk menyimpan jenis sepatu berukuran besar, misalnya sepatu boot.

Sedangkan untuk lemari tas, umumnya bisa selebar lemari pakaian, yaitu 60cm, dengan ketinggian masing-masing rak minimal 40cm sehingga tali tas tak mudah tertekuk. Berikan variasi ukuran tinggi rak pada 1 lemari, sehingga Anda dapat penyimpan tas sesuai tingginya.

Diselipkan di rak pada daun pintu bagian dalam, sepatu dapat disimpan secara horizontal sehingga lemari sepatu bisa lebih ramping. Lemari ini terlihat rapi jika ditutup, sehingga dapat diletakkan di area foyer atau ruang tamu tanpa mengganggu estetika. Selain itu, bagian atasnya pun dapat digunakan sebagai area pajang.

LOKASI RUMAH KERINCI, JAKARTA SELATAN FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Si kolektor tas dapat menyimpan dan memajang tas miliknya pada lemari khusus berpintu kaca seperti ini. Tak seperti pakaian yang bisa ditumpuk saat disimpan, tas harus disimpan per satuan agar tidak rusak. Jika ditata dengan rapi, tas dapat mempercantik tampilan ruangan.

Jika kompleks rumah Anda aman, sepatu dapat dipajang pada area teras sehingga ruang tamu tidak terlalu sempit. Syaratnya adalah selalu menjaga kerapian sepatu yang disimpan, sehingga tidak mengotori area teras meski pintu lemari terbuat dari kaca transparan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.