MENENTUKAN PENUTUP ATAP CARPORT

Rumah - - Konsultasi -

Seperti halnya manusia yang butuh naungan dari pengaruh buruk cuaca, kendaraan pun butuh pelindung. Inilah yang lazim disebut carport. Carport umumnya terletak di muka rumah, berupa area terbuka yang dinaungi penutup atap.

Karena fungsinya sebagai pelindung, penutup atap menjadi bagian yang sangat penting bagi sebuah carport. Beragam pilihan material yang tersedia di pasaran membuat konsumen semakin leluasa memilih penutup atap carport.

Sebelum menentukan material penutup apa yang akan digunakan pada carport, beberapa hal patut dipertimbangkan lebih dulu. • Penutup atap carport ada yang jenisnya transparan dan yang solid. Jika area carport masih butuh penerangan alami dari matahari, penutup atap transparan dapat dipilih. Material dengan karakter tembus cahaya ini antara lain polikarbonat, kaca, atau akrilik. Yang harus diperhatikan, secara berkala bersihkan permukaan dari daun yang jatuh atau jamur agar tidak mengurangi keindahan atap. Namun untuk daerah panas, penutup atap jenis ini dapat menjadikan area carport semakin panas. Karena itu, pilihlah jenis penutup atap yang solid. Contohnya adalah genting dan dak beton. Keduanya merupakan material yang berat. Sebab itu, struktur penopang penutup atapnya harus dibuat lebih kuat. Perhatikan juga kemiringan penutup atap. Bagian atap merupakan yang terkena curahan hujan paling banyak. Jika kemiringan kurang, air tidak mengalir lancar dan menggenang di atap. Ini dapat mengakibatkan kebocoran. Kemiringan untuk atap datar yang disyaratkan minimal 4°. Letak carport yang di depan rumah menentukan wajah rumah. Karena itu penting untuk menyesuaikan jenis penutup atap dengan desain rumah secara keseluruhan. Polikarbonat, kaca, dan akrilik memiliki karakter material yang modern. Sementara atap genting memiliki gaya natural yang kuat. Dak beton, karena dapat dibentuk sesuai keinginan, dapat didesain untuk rumah bergaya modern maupun klasik. Selamat membuat carport!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.