Kebutuhan Bertambah Rumah Diubah

Sistem pencahayaan dan sirkulasinya juga dirancang bagus,” ucap Novi.

Rumah - - Renovasi - LUAS LAHAN: 245M2 LUAS BANGUNAN AWAL: 90M2 LUAS BANGUNAN: 120M2

Kebutuhan “Memaksa” Perubahan

Di awal tahun 2014, tepatnya 9 tahun setelah menempati rumah, Novi dan sang suami merasa ini saat yang tepat melakukan renovasi. Ir Muda Wirmar, arsitek dari Fase 3 Creativa ditunjuk untuk melakukan renovasi.

Bukan tanpa alasan mereka memutuskan merenovasi. Semenjak Novi menjadi ibu rumah tangga, ia memiliki kesibukan lain di rumahnya, yaitu menjahit. “Awalnya, sih, sekadar hobi dan mengisi waktu luang, sekarang jadi bisnis kecil-kecilan,” ucap Novi yang membuat pakaian, mukena, kerudung, tas jinjing, sarung bantal, dan pernak-pernik lainnya. Ia pun membutuhkan ruang untuk aktivitas ini karena tak ingin membuat “kerusuhan” di ruang lain.

Anak perempuan yang mulai remaja dan membutuhkan kamar yang lebih luas juga menjadi alasan renovasi. Ruang tidur selama ini hanya bisa menampung kasur dan lemari pakaian. Meja belajar, tempat pernak-pernik khusus anak perempuan, dan rak-rak buku untuk sang anak yang suka mengoleksi buku, novel, belum terpenuhi. Karena itu, sang anak diberi ruang tidur baru, yang lokasinya di taman sebelah ruang keluarga dan ruang tidur anak dijadikan ruang menjahit sang ibu.

Suka Berkumpul

Kebiasaan berkumpul bersama keluarga juga menjadi alasan dilakukan renovasinya rumah ini. Novi menginginkan ruang keluarga yang lebih luas. Teras dan foyer dibongkar menjadi ruang tamu. Sementara, ruang tamu diubah fungsinya menjadi ruang keluarga.

“Setelah saya dan suami pikirpikir, keberadaan foyer ini di rumah tidak begitu berguna. Jadinya,

View dari ruang keluarga lama ke ruang keluarga baru dan dapur. Rumah terlihat luas karena minim sekat.

Ruang tamu baru. Ruang ini tadinya adalah foyer dan teras.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.