Kolam Berparit di Taman Mungil

Ingin membuat kolam namun khawatir tak ada lagi lahan untuk “penghijauan”? Buat saja kolam parit, dan jadikan kolam sebagai media tanam.

Rumah - - Eksterior - TEKS PUSPITA DEWI dewi@tabloidrumah.com FOTO TAN RAHARDIAN

Bila Anda memiliki lahan seluas 2,5m x 5m, Anda dapat memanfaatkannya untuk taman, lengkap dengan kolam ikan. Ya, dengan membuat kolam parit (disebut demikian karena bentuknya menyerupai parit), Anda tak akan kehabisan lahan untuk menambahkan unsur hijau. Karena, Anda dapat menjadikan kolam sebagai media tanam untuk beberapa jenis tanaman air, yaitu isolepsis, lotus, dan melati air. Ketiga tanaman ini selain berbunga indah, daunnya pun berbentuk menarik.

Kemudian di area yang tersisa Anda dapat menanam beberapa tanaman peneduh, misalnya daun kupu-kupu dan pohon kamboja yang tak henti-hentinya berbunga.

Anda ingin ada suara air di taman? Anda dapat membuat kolam dengan air yang meluap dari bibir kolam. Gemericik air yang melimpah ini mampu meredam suara dari luar sehingga membuat ruang yang berada di bagian depan rumah terasa lebih tenang.

Air yang melimpah itu tidak terbuang karena tumpah ke dalam parit yang ada di pinggir kolam. Air di parit itu pun kemudian mengalir kembali ke kolam utama yang dihuni beberapa ikan emas ini.

Suasana hijau didapat, suara air dihadirkan, taman pun tampak asri dan indah.

Paduan material yang berbeda, yaitu batu alam, batu kali, batu koral, dan kayu bekas bantalan kereta api membuat taman ini semakin menarik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.