PERCANTIK WAJAH RUMAH

Bukan hanya bagian dalam rumah yang perlu di- make up. Bagian wajah rumah juga harus dipoles, agar tampak lebih fresh dan lebih indah.

Rumah - - Sudut - TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

Tahukah Anda, bahwa bangunan juga memiliki wajah seperti manusia? Wajah atau muka sebuah bangunan ini lebih dikenal dengan fasad. Dalam dunia arsitektur, fasad berarti bagian muka atau depan bangunan. Bisa dimulai dari pintu masuk, dinding depan, kanopi, dan balkon—kalau bangunan tersebut memilikinya. Keseluruhan tampilan rumah itulah yang disebut dengan fasad.

Sebagaimana layaknya wajah manusia, fasad memiliki peran penting pada sebuah rumah. Letaknya yang berada di depan bangunan, menjadikan fasad sebagai titik pandang pertama bagi siapapun yang melihatnya.

Selain itu, wujud fasad bahkan dapat diartikan sebagai wujud keinginan penghuni. Karenanya, seperti halnya wajah manusia, wajah rumah (fasad) juga perlu didandani agar tampil menarik dan dan memikat. Mendapatkan fasad yang cantik dan memikat bisa dilakukan sejak proses awal mendesain rumah. Namun, jika anggaran terbatas, fasad yang indah juga bisa diperoleh melalui proses renovasi.

Nah, pada rubrik Sudut edisi ini, Tabloid RUMAH akan menyajikan informasi seputar mempercantik tampilan fasad melalui proses renovasi sederhana, seperti mengecat ulang, mengganti atau menambah material dinding, mengubah model jendela, dan menambah lapisan kedua pada fasad ( secondary skin).

LOKASI KEDIAMAN PETRUS, SEVILLA DE LATINOS, BSD CITY, TANGERANG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.