SEGAR BERKAT CAT ULANG DAN GANTI WARNA

Mengecat ulang dan mengganti warna, bisa menjadi solusi mudah dan hemat untuk mendapatkan wajah rumah yang lebih fresh dan menarik.

Rumah - - Sudut - TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian@tabloidrumah.com FOTO ABDUL HAKIM SANTOSO

Mendapatkan wajah rumah lama agar kembali cantik tidak harus berbiaya mahal. Jika dana terbatas, Anda bisa meremajakan kembali fasad rumah dengan cara mengecat ulang. Selain biaya lebih hemat, waktu yang dibutuhkan untuk mengecat ulang juga lebih singkat dibanding cara lain, seperti mengganti material. Mengecat ulang juga tidak perlu mengubah struktur fasad maupun bangunan.

Karena terbilang mudah, pekerjaan mengecat ulang bisa Anda lakukan sendiri. Yang penting Anda punya waktu dan paham mengenai cara pengecatan yang benar. Tak heran, cara ini banyak dilakukan oleh pemilik rumah untuk mempercantik tampak depan rumah ketika menyambut tahun baru dan perayaan hari besar keagamaan, seperti Lebaran dan Natal.

Cek Kondisi Dinding

Sebelum memulai mengecat, Anda harus mengecek kondisi dinding lama, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Kondisi dinding yang baik apabila dinding tidak mengelupas, tidak berjamur, tidak berkapur, ataupun menggelembung. Permukaan dinding yang baik hanya perlu dibersihkan dari debu dan minyak untuk perawatannya dengan menggunakan amplas/sikat baja.

Selain itu, periksa kelembapan dinding. Kelembapan dinding sebaiknya bernilai rendah. Cek juga apakah ada rembesan pada dinding, celah, retakan, atau bekas paku. Jika kondisi tidak ideal, perbaiki dinding terlebih dahulu sebelum mulai mengecat.

SESUDAH

SEBELUM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.