UBAH MODEL JENDELA BIAR TAMPIL BEDA

Bermain bentuk dan ukuran jendela dapat menjadi salah satu cara untuk menyegarkan kembali tampilan fasad.

Rumah - - Sudut - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO ABDUL HAKIM SANTOSO

Memberi tampilan baru pada wajah rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengubah bentuk dan ukuran jendela. Bagi Anda yang tinggal di kawasan perumahan lama dan merasa sudah saatnya mengganti tampilan fasad, cara ini dapat dilakukan.

Saat ini pun model jendela sudah tersedia dalam beragam varian material, seperti aluminium, uPVC, besi, dan kayu. Selain kayu, tiga bahan tersebut memiliki daya tahan kuat terhadap rayap dan mampu bertahan di segala kondisi cuaca. Asal, dilapisi finishing khusus eksterior, serta perawatan yang benar, material ini bisa berumur panjang.

Tapi, sebelum membuat jendela sebaiknya tentukan terlebih dahulu fungsi dan posisi di mana jendela tersebut akan diletakkan. Ren Katili, arsitek dari Arsitektropis, mengatakan posisi bangunan akan memengaruhi ukuran sebuah jendela.

Tidak Ada Ukuran Pasti

“Ukuran jendela dapat dihitung dengan melihat arah datangnya matahari,” ujar Ren membeberkan.

Meski secara perhitungan ilmu arsitektur ukuran jendela ideal adalah 10-20% dari luas lantai, arah datangnya matahari tetap menjadi pertimbangan utama. Hal serupa diungkapkan Erwin Hawawinata, arsitek dari Hawawinata & Associates bahwa arah hadap bangunan dimensi jendela karena akan memengaruhi temperatur ruangan.

Posisi jendela ke arah timur dinilai cukup baik karena posisi ini memungkinkan kita menerima cahaya matahari pagi yang dianggap sehat. Sementara itu, posisi jendela menghadap ke arah utara dan selatan dinilai paling ideal karena posisi ini tidak dilalui matahari secara langsung. Sebaliknya jendela yang menghadap ke posisi barat disarankan untuk dilengkapi shading atau filtrasi agar paparan sinar matahari tidak langsung mengenai bagian dalam ruangan.

LOKASI

SESUDAH

KEDIAMAN ONA NASHIDIK, KLASTER CARIBEAN ISLAND, DE LATINOS, BSD CITY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.