BIAYA PEMBIAYAAN AWAL

Rumah - - Properti -

Biaya ini adalah biaya yang hanya dibayar 1 kali dan proses pembiayaannya dilakukan di awal, sebelum serah terima kunci apartemen.

2. BIAYA NOTARIS

Biasanya, pihak pengembang sudah menyediakan notaris rekanan. Jika tidak, pihak bank pemberi KPR juga sudah bekerja sama dengan notaris rekanan yang sudah ditunjuk. Jadi, Anda tak perlu pusing mencari notaris. “Biaya pengurusan hak milik unit, balik nama, dan biaya akta jual beli biasanya dalam satu paket. Harganya berbeda-beda setiap apartemen,” ucap Ibnu Tadji, Ketua Umum Asosiasi Perhimpunan Rumah Susun Indonesia. Kisaran biayanya adalah sebagai berikut. A. Biaya Cek Sertifikat Biaya cek sertifikat ini diperlukan untuk memastikan apakah sertifikat jual beli apartemen tersebut asli atau palsu. Besarnya biaya sertifikat ini Rp100.000. B. Biaya Validasi Pajak Biaya validasi pajak juga perlu untuk memastikan bukti pembayaran pajaknya palsu atau tidak, termasuk sudah dibayar atau belum. Besarnya biaya validasi pajak ini Rp200.000. C. Biaya Akta Jual Beli (AJB) AJB adalah akta otentik yang dibuat oleh PPAT untuk peralihan hak atas tanah dan bangunan. Pembuatan AJB sudah diatur sedemikian rupa melalui Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional (Perkaban) No.08 Tahun 2012 Tentang Pendaftaran Tanah, sehingga PPAT tinggal mengikuti format-format baku yang sudah disediakan. Pembuatan AJB dilakukan setelah seluruh pajak-pajak yang timbul karena jual beli sudah dibayarkan oleh para pihak sesuai dengan kewajibannya masing-masing. Besarnya biaya AJB apartemen subsidi Rp2,4 juta. D. Biaya Balik Nama (BNN) Setelah biaya AJB kelar, langkah selanjutnya adalah mengajukan pendaftaran peralihan hak ke kantor pertanahan setempat. Proses ini lazim dikenal dengan istilah balik nama. Dengan selesainya balik nama sertifikat, maka hak yang melekat pada tanah dan bangunan sudah berpindah dari penjual (pengembang) kepada pembeli (konsumen). Biaya balik nama ini besarnya Rp750.000.

Catatan: Karena setiap apartemen berbeda, Anda harus lihat biaya standar apartemen yang Anda akan beli. Berhati-hatilah saat Anda menanyakan biaya-biaya di atas, karena ada beberapa oknum nakal yang menaikkan harga dengan alasan dapat mempercepat proses. Tanyakan juga kepada calon pembeli lain, agar Anda tak tertipu dan mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.