Balkon untuk Tempat Bersantai

Rumah - - Konsultasi - Diasuh oleh: Wijoyo Hendromartono ARSITEK

Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke Tabloid RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 5 Jakarta 10270 atau melalui e-mail di redaksi@ tabloidrumah.com. Cantumkan kata “Konsultasi” pada amplop surat atau judul e-mail.

QAssalamualaikum Wr.Wb Pak Wijoyo, alhamdulillah kami baru saja membeli rumah tipe 86/135. Rumah kami menghadap ke timur dengan jalan di sebelah depan dan kanan rumah, yang merupakan jalan buntu.

Insya Allah karena ada rejeki kami akan mengembangkan rumah kami ke atas. Adapun ruang yang ingin kami tambahkan adalah seperti ini. 1. Ruang tidur untuk 2 anak. 2. Satu buah balkon besar.

menghadap selatan. 3. Satu musala kecil. 4. Satu kamar mandi. 5. Tempat cuci dan jemur. Sebagai pelengkap, kami sertakan denah rumah asal kami, yang kami dapat dari pengembang.

Wassalamuailaikumsalam Wr.Wb Yulianto,

Depok

AAssalamualaikum Wr. Wb. Pak Yulianto. Terima kasih untuk kiriman pertanyaannya. Alhamdulillah Anda diberi kemudahan dan rezeki sehingga Anda bisa merenovasi rumah yang baru dibeli itu, agar bisa lebih baik dan nyaman untuk ditempati bersama keluarga.

Rumah Anda memiliki ruang yang cukup luas, sehingga penambahan ruang dan renovasi seperti yang Anda inginkan mudah untuk dilaksanakan, baik perencanaannya maupun pelaksanaannya.

Tangga Sebagai Pembatas

Untuk lantai 1 rasanya tidak perlu ada perubahan, karena ruangan-ruangannya sudah mencukupi. Untuk mendapatkan posisi tangga terbaik, saya meletakkannya di ruang tamu. Tangga di sini dapat berfungsi sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang makan. Jika Anda menginginkan privasi untuk kegiatan keluarga, Anda bisa menutup bagian tangga yang menghadap pintu masuk dengan dinding partisi atau bisa memasang penyekat berupa rak buku.

Di lantai 2, tambahan ruang tidur saya letakkan di bagian depan, di sebelah kiri dan kanan rumah. Dengan jendela menghadap timur, tentunya akan didapat sinar matahari yang lebih dari cukup.

Di antara ruang tidur tersebut terdapat sebuah ruangan yang berada di atas ruang tamu atau foyer lantai 1. Ini akan menjadi ruang yang menarik, karena dinding depannya, yang juga menghadap ke timur, dapat dibuat menjadi elemen estetika yang sangat menarik. Sinar matahari pagi dapat menjadi sebuah permainan cahaya yang indah melalui penggunaan kisi-kisi, roster, kaca gravir, atau kaca timah berwarna warni.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga yang berada di tengah—yang menjadi pusat kegiatan keluarga—akan menjadi ruangan yang nyaman juga, karena memiliki bukaan ke arah balkon dan jendela ke taman belakang. Ruang salat di belakang rumah akan menjadi tempat yang mudah dicapai dari ruang keluarga ini. Ruang ini dilengkapi dengan ruang wudhu, apabila Anda tidak memerlukannya, dapat Anda perluas untuk ruang salat.

Ruang servis berada di bagian belakang sisi kanan rumah. Anda mungkin saat ini tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga, atau asisten rumah tangga Anda tidak menginap, sehingga tidak memerlukan adanya ruang tidur pembantu. Namun seandainya diperlukan, ruang servis cuci dan jemur ini dapat ditambahkan ruang tidur pembantu.

Rumah Gaya Kolonial

Untuk bentuk dan tampak rumah, karena Anda tinggal di daerah Sawangan Bogor—yang udaranya relatif lebih sejuk dibanding Jakarta—serta berada di daerah subur atau pinggiran kota, saya membuat bentuk bangunan bergaya vila. Rumah dengan langitlangit dan atap tinggi, jendela dan bukaan lebar, serta sedikit sentuhan arsitektur kolonial tropis, rasanya akan tepat untuk rumah Anda. Dinding kaca ruang foyer dapat anda pasangi kaca timah atau kaca patri berwarna dengan pola modern, yang akan membuat rumah Anda menjadi lebih indah. Semoga jawaban yang saya berikan dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

TAMPAK MUKA

LANTAI 1

LANTAI 2 DENAH LT. 1 1. Carport 2. Teras depan 3. Foyer 4. Ruang tamu 5. Ruang makan 6. Dapur 7. Ruang tidur 1 8. Kamar mandi 1 9. Ruang tidur utama 10. Kamar mandi utama DENAH LT. 2 11. Ruang tidur 2 12. Ruang tidur 3 13. Kamar mandi 2 14. Ruang keluarga 15. Ruang salat 16. Ruang wudhu 17. Balkon 18. Ruang jemur 19. Ruang cuci/kamar mandi

pembantu 20. Usulan ruang tidur

pembantu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.