Pangkas Kamar Mandi Demi Maksimalkan Ruang Utama

Dengan luas 24m2, hunian ini sudah mampu menampung beragam aktivitas pemiliknya.

Rumah - - Renovasi - LUAS UNIT: 24M² TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO ADRIAN MULYA

Tinggal di hunian tipe studio memang harus menerima beragam risiko. Salah satu yang utama adalah tantangan untuk mengelola ruang agar tampil maksimal sekaligus fungsional. Hal inilah yang hadapi Jessie Dewi (32), pemilik apartemen tipe studio di kawasan Kebagusan City, Jakarta Selatan ini.

Harus bolak-balik SukabumiJakarta membuat wanita yang berprofesi sebagai pengusaha pernik interior rotan ini memilih tinggal di apartemen tipe studio dengan alasan lebih efesien dan hemat ruang. “Ibarat tinggal di kos-kosan tapi ini milik pribadi,” ujarnya bercanda.

Jauh dari kampung halaman, Sukabumi, membuat Jessie kerap rindu dengan suasana kamarnya yang nyaman. Hal ini membuatnya berkeinginan untuk menjadikan kamar apartemennya senyaman kamar kampung halaman. Aksi merenovasi pun dimulai tidak lama setelah proses serah terima apartemen dilakukan. Dengan berbekal ilmu desain interior, Jessie merancang sendiri kamar idamannya.

Bongkar Pasang Material

Miris dengan material yang digunakan oleh pihak pengembang, Jessie mulai melakukan renovasi dengan mengganti material lantai, dinding, dan plafon.“Tahap pertama menutup plafon dan mengganti keramik lantai,” ujarnya bercerita.

Jessie menambahkan sebelum dilakukan renovasi, atap plafon dibiarkan “telanjang” begitu saja oleh pihak pengembang sehingga hanya menyisakan pemandangan kabel listrik dan pipa sanitari.

Karena gemas dengan keadaan tersebut ia pun meminta tukang bangunan untuk menutup atap

2

1

INI MATERIALNYA

1 Plafon: gipsum.

2 Lemari: multipleks.

3 Lantai: marmer.

4 Media penyimpanan: rotan.

Ruangan apartemen yang didominasi dengan warna putih untuk memberi kesan luas dan lapang.

Salah satu cara menyiasati lahan sempit adalah membuat penyimpanan di setiap lahan yang tersedia. Salah satunya di bawah ranjang ini. Media penyimpanan ini dibuat dari bahan rotan dengan lapisan cat putih, ada sekitar 6 rotan berukuran 60cm x 60cm yang ditempatkan di bawah ranjang ini.

3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.