3 LANGKAH MEMBUAT KEPUTUSAN TEPAT

Rumah - - Pengantar - TEKS JOHANNA ERLY WIDYARTANTI

Rumah yang sudah terbeli tak akan bisa dikembalikan dan akan digunakan dalam waktu yang lama, bahkan bisa saja seumur hidup. Maka pastikan semua berjalan seperti yang Anda tahu. Caranya? Inilah langkah yang harus Anda lakukan.

1 PILIH LOKASI

Di manapun lokasi pilihan Anda, prinsipnya kebutuhan keluarga (suami, istri, dan anak) harus bisa terakomodasi. Semua anggota keluarga dapat melakukan aktivitasnya dengan nyaman. Pikirkan jarak, waktu tempuh, dan keamanannya. Lakukan survei secara cermat untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

2 PILIH JENIS RUMAH DAN PENGEMBANG

Untuk mempermudah pemilihan tipe rumah, Anda bisa membuat beberapa daftar kebutuhan. Misalnya Anda membutuhkan rumah dengan lahan luas atau Anda membutuhkan rumah dengan bentuk melebar. Pemilihan pengembang juga penting dilakukan karena ini akan berpengaruh pada bangunan, regulasi, serta kontrak jual beli yang cocok dan Anda inginkan.

3 PILIH JENIS PEMBIAYAAN

Setidaknya ada 3 jenis pembiayaan dalam membeli rumah, yaitu tunai keras, tunai bertahap (kredit ke pengembang), dan kredit (KPR) ke bank. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pilih yang paling menguntungkan bagi Anda dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Pahami juga setiap proses yang mengikutinya.

Ketika Anda menentukan pembayaran

dengan berhutang (KPR atau cicilan ke pengembang), sadarilah bahwa ini merupakan komitmen jangka panjang. Butuh daya tahan dan ketekunan. Anggap cicilan sebagai tabungan. Anda menabung dalam bentuk rumah. Cara pandang seperti ini akan membuat Anda melihat hutang bukan sebagai

beban yang ditanggunng tetapi sebuah investasi yang bisa dipetik di kemudian hari.

FOTO

SITI AISAH PUJIANTI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.