Agar g ar KPR Anda Dise Disetujui Bank

Belum tentu jalan Anda dalam mengajukan KPR mulus. Persiapan matang dibutuhkan agar Anda tak “ditolak” bank.

Rumah - - Pengantar - TEKS CANDELLA SARDJITO

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang menjadi solusi efektif bagi Anda yang mengidamkan membeli rumah, dengan biaya terbatas. Namun, ada kalanya “kerikil” akan menghadang proses KPR tersebut. Belum tentu bank pilihan Anda menyetujui KPR yang Anda ajukan. Biasanya, penolakan ini berkaitan dengan keadaan finansial Anda.

Berikut adalah beberapa tip yang bisa Anda lakukan agar KPR Anda disetujui oleh pihak bank.

Lengkapi Dokumen Terlebih Dahulu

Biasanya, pihak bank akan meminta Anda melengkapi dokumen-dokumen yang akan menunjukkan kondisi keuangan Anda, antara lain sebagai berikut. 1. Catatan rekening tabungan, sebagai bukti penghasilan Anda per bulannya. Rekening tabungan

yang rutin bertambah setiap bulan, menjadi jaminan keyakinan bagi bank. 2. Bagi karyawan, harus memiliki slip gaji bulanan dan surat keterangan dari tempat bekerja. 3. Bagi pengusaha, harus memiliki laporan keuangan selama minimal 2 tahun. 4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 5. Dokumen identitas pribadi, seperti KTP dan kartu keluarga.

Perbaiki Kondisi Keuangan

Selain perihal penghasilan, pastikan bahwa Anda tak terlilit hutang apapun ketika mengajukan KPR. Terlebih lagi, jangan sampai Anda masuk dalam daftar kelam di Bank Indonesia, perihal hutang piutang.

Ada baiknya, Anda melunasi hutang-hutang yang Anda miliki, khususnya yang tercatat. Tak hanya itu, sebisa mungkin, bila Anda sedang dalam proses kredit barang lain, jangan sampai Anda menunggak membayarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.