BIAYA PER BULAN

Rumah - - Properti -

Biaya ini adalah biaya yang akan Anda keluarkan setiap bulannya. Suka atau tidak, biaya ini akan mengikat Anda. Jadi, pastikan Anda siap dengan biaya bulanan ini.

1 Biaya Cicilan Biaya cicilan adalah biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Biaya ini adalah biaya harga apartemen dikurangi biaya DP, dibagi jangka waktu mencicilnya. Jadi, besarnya biaya cicilan ini sangat tergantung pada harga apartemen yang Anda beli dan jangka waktunya. Biasanya, bank akan menghitung biaya cicilan Anda per bulannya. Biaya ini tidak lebih dari 30% gaji Anda dikurangi biaya cicilan lainnya.

2

Biaya Servis

Biaya pemeliharaan atau service charge meliputi biaya kebersihan, keamanan, perawatan gedung, dan taman. Beberapa apartemen memasukkan TV cable ke dalam biaya ini. Biaya ini ada yang ditarik per bulan, per 3 bulan, atau per tahun. Besarnya biaya ini berdasarkan luas apartemen yang Anda miliki. Misalnya, Anda tinggal di apartemen berukuran 30m2. Jika biaya pemeliharaan apartemen Anda sebesar Rp7.500/ m2, maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah Rp7500 x 30m2 = Rp225.000.

Sekadar perbandingan, apartemen dengan status subsidi, seperti Apartemen Gading Nias dan Apartemen Kalibata City, masing-masing memiliki harga dan sistem pembayaran yaang berbeda. Gading Nias mematok biaya sebesar Rp775.000 per 3 bulan, sedangkan Kalibata City mengenakan biaya Rp2,5 juta per tahun.

3 Biaya Tarif Bisnis Biaya tarif bisnis ini meliputi listrik, air, gas, internet, TV kabel, dan telepon. “Tarif ini tidak sama dengan tarif residensial (rumah biasa, red.). Pastinya lebih mahal dari rumah pada umumnya, rata-rata 20%-30% lebih mahal,” kata Ibnu Tadji.

Biaya tarif bisnis ini berbeda-beda di setiap apartemen. Jumlahnya pun berbeda. Di apartemen Gading Nias, hanya ada biaya listrik dan air. Sementara TV kabel, sudah termasuk di biaya kebersihan. Citra, seorang penghuni Apartemen Gading Nias selalu mengeluarkan biaya listrik dan air sekitar Rp700.000/ bulan. Sedangkan di Apartemen Kalibata City, ada biaya listrik dan air, serta biaya internet. Darda, seorang penghuni apartemen Kalibata City, setiap bulannya harus mengeluarkan biaya untuk air dan gas sebesar Rp500.000-Rp600.000, ditambah biaya internet sebesar Rp275.000.

4 Biaya Parkir Selain biaya di atas, yang patut Anda perhatikan adalah biaya parkir. Setiap apartemen memiliki regulasi biaya parkir masing-masing. Di Apartemen Gading Nias, misalnya, untuk biaya bulanannya, parkir motor Rp25.000 dan mobil Rp60.000. Sementara di Apartemen Kalibata City, parkir motor Rp75.000 dan mobil Rp200.000.

Walau sudah membayar uang langganan, masih ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan parkir di lingkungan apartemen, terutama untuk apartemen bersubsidi karena sejatinya, apartemen ini dirancang untuk dihuni oleh orang-orang yang tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Parkir di luar kawasan apartemen bisa menjadi beban lagi, karena Anda harus mengeluarkan biaya parkir tambahan. Besarnya biaya biasanya Rp5.000 atau Rp10.000 per malam. Jika tak membayar parkir langganan, Anda akan ditagih parkir yang per jamnya Rp2.000.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.