Dua Rumah Satu Konsep Bisa Dipisah untuk 2 Anak

Kelak ketika tiba saatnya, 2 rumah yang terlihat menyatu ini akan dipisah jadi 2 untuk kedua anaknya.

Rumah - - Rumah Kita - LUAS LAHAN: 180M2 LUAS BANGUNAN: 300M2 (RUMAH 140M2 + INDEKOS 160M2) TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com DAN ANAS HIDAYAT FOTO MANSYUR HASAN

ndy Rahman, arsitek yang mendesain rumah ini menuturkan bahwa ada tantangan besar saat merancang rumah milik pasangan Iwan R. Hidayat (41) dan Aliatin Mashjud (41). Ini tak lain, karena desain rumah yang ia rancang harus memiliki keterkaitan konsep desain yang senada dengan rumah lama. “Pemilik rumah memang menginginkan desain kedua rumahnya menyatu,” ucap Andy.

Walau secara desain bangunan ini terlihat menyatu, keduanya tetap berdiri sendiri. Andy bahkan tak mengutak-atik desain dan layout ruang di rumah lama. Ia hanya merancang konsep desain rumah baru. Akses kedua rumahnya pun hanya dihubungkan 1 pintu. Tak ada pembongkaran dinding dan penyatuan ruang antara kedua rumah ini. Ini karena ada kemungkinan rumah ini akan dipisah dan dipersembahkan kepada kedua anaknya kelak, yaitu Adel Izzaldin ZA (11) dan Fayza Mirzani ZA (10).

Ya, jika suatu saat keduanya benar-benar pisah, syarat ruang di rumah lama memang sudah terpenuhi. Begitu juga dengan

LOKASI

rumah baru. Fungsi tempat tinggal di rumah baru hanya dialokasikan di lantai 1, karena lantai 2 difungsikan untuk indekos. Jadi, selain ada penggabungan 2 rumah, juga ada penggabungan 2 fungsi. “Konsep ini saya sebut “unity in duality” yaitu membuat kesatuan antara dua karakter yang berbeda atau membuat dualitas pada satu bagian yang sama,” ucap Andy.

Dua Rumah seperti 1 Rumah

Dilihat dari desain bangunan, konsep “unity in duality” terlihat dari hilangnya batas antara bangunan rumah lama dan baru. Kedua rumah ini terlihat sangat menyatu baik dari konsep bentuk, material, dan warna, yang dirancang senada. Bahkan, secara kasat mata, Anda akan sulit melihat batas ini karena pagar kedua rumah ini sengaja dibuat “menerus”.

Dari sisi bentuk, konsep rumah baru ini didominasi bentuk kotak yang merupakan unsur cukup dominan pada desain rumah lama. Unsur inilah yang dijadikan ide dasar dalam mengembangkan rumah baru, sehingga ada kesinambungan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.