DEKLARASI HARI BANGUNAN INDONESIA

Dari tokoh konstruksi untuk generasi masa depan yang sehat dan sejahtera.

Rumah - - Do It Yourself -

Mulai 2015 mendatang, setiap tahun Indonesia akan memperingati Hari Bangunan Indonesia karena para inisiator bersama 7 tokoh konstruksi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia telah mendeklarasikan lahirnya Hari Bangunan Indonesia pada 11 November 2014, di Hotel Mulia, Jakarta. Deklarasi diadakan bersamaan dengan digelarnya acara akbar Malam Penghargaan “Indocement Awards 2014” yang dihadiri para pelaku di bidang konstruksi.

Acara ini menjadi momentum untuk mengajak seluruh pelaku konstruksi seperti kontraktor, developer, industri bahan bangunan, arsitek, serta akademisi untuk bersama menjaga komitmen terhadap standar bangunan berkualitas. Hari Bangunan Indonesia yang diinisiasi oleh Franciscus Welirang, Daniel Kundjono Adam (Direktur Indocement), dan Handi Irawan (CEO Frontier Consulting Group), juga dijadikan momentum untuk mengedukasi masyarakat tentang standar bangunan yang berkualitas, memiliki durabilitas tinggi, ramah lingkungan, dan mencerminkan budaya Indonesia. Masyarakat Indonesia diharapkan terus memelihara dan melestarikan bangunanbangunan bersejarah di Indonesia serta terus menyayangi dan memelihara seluruh bangunan baik rumah, fasilitas publik, ataupun infrastruktur yang ada di sekitarnya.

Inilah alasan ditetapkannya tanggal 11 November sebagai Hari Bangunan Indonesia. Pertama, tanggal 11 November yang semua angkanya terdiri dari angka satu dapat dipahami sebagai simbol pilar-pilar yang menopang kokohnya bangunan. Kedua, 11 November merupakan konfigurasi tanggal yang mudah diingat dan dihafal sehingga lebih mudah dikomunikasikan kepada masyarakat. Ketiga, tanggal 11 November berada di akhir tahun sehingga dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi perkembangan bangunan di Indonesia pada tahun tersebut dan menyisakan hampir 2 bulan menuju akhir tahun untuk memberikan rekomendasi perbaikan untuk tahun mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan bahwa Hari Bangunan Indonesia sudah sepatutnya didukung karena Indonesia memiliki bangunan-bangunan unik dan bersejarah yang memang harus dipertahankan eksistensinya. “Peringatan Hari Bangunan Indonesia ini selayaknya menjadi momentum bagi seluruh pelaku konstruksi untuk menjaga komitmen terhadap standar bangunan di Indonesia,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.