Cegah dan Hilangkan Karat pada Besi

Rumah - - Rumah Sehat -

Agar material besi tidak mudah berkarat, Anda bisa melapisinya dengan cat khusus besi yang dapat dibeli di supermarket bahan bangunan. Anda juga dapat melapisi besi dengan bahan lain seperti timah atau tembaga. Jika material besi terlanjur berkarat, segera finishing ulang dengan cara mengampelas besi sampai karatnya hilang, kemudian aplikasikan cat besi. Ingat, gunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, ada pula cara tradisional yang dapat Anda lakukan, yakni dengan menggunakan bubuk soda kue. Caranya, campurkan setengah sendok bubuk soda kue dengan satu sendok perasan jeruk lemon. Kemudian usapkan campuran tersebut ke permukaan benda yang berkarat. Lap perlahan dengan kain kering. Perasan jeruk akan meninggalkan aroma harum pada benda yang berkarat tersebut dan melunturkan karatnya. tetani.

“Benda berkarat akan menjadi sarang kuman dan kotoran. Khususnya kuman Clostridium tetani, kuman yang banyak ditemukan pada benda berkarat,” ujar Dokter Arum.

Mikroorganisme ini merupakan kuman berbentuk batang berspora yang dapat hidup tanpa adanya oksigen (anaerob). Saat terluka, Clostridium tetani akan mengeluarkan racun yang akan masuk ke pembuluh darah dan menimbulkan gejala tetanus. Penderita yang terinfeksi kuman ini awalnya akan sakit kepala, gelisah, kemudian mengalami kejang otot yang diikuti dengan kekakuan otot pada seluruh tubuh. Penderita biasanya akan mengalami kejang dengan rahang tertutup (lockjaw) dan punggung melengkung serta sulit bernapas.

Bahaya Bila Termakan

Benda berkarat tidak hanya berbahaya saat terkena luka dangkal maupun dalam, karat juga berbahaya bila secara tidak langsung kita konsumsi. Ya, mungkin kita tidak sadar telah menggunakan peralatan makan atau memasak yang sudah berkarat. Dokter Arum mengimbau untuk selalu waspada dan menggunakan peralatan yang steril, terlebih untuk dikonsumsi ke dalam tubuh.

Karat yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan bahaya jangka panjang, karena material karat akan masuk ke dalam tubuh secara sedikit demi sedikit. Karat akan menumpuk dan terdeposit di organ ginjal dan usus, sehingga lambat laun akan menyebabkan kerusakan pada kedua organ tubuh tersebut. Bila Anda menemukan ada peralatan makan yang sudah memperlihatkan karat, sebaiknya segera singkirkan. Toh, mencegah lebih baik daripada mengobati.

28 November - 11 Desember 2014 - 305 - XII

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.