Summarecon Serpong- KSO Summarecon-Serpong Peraih Indocement Developer Awards 2014, Skala Nasional

Kecenderungan manusia menciptakan iklim buatan menyebabkan kemampuan beradaptasi dengan iklim yang menjadi anugerah Tuhan berangsur hilang.

Rumah - - Profil -

Berkomitmen terhadap pembangunan yang berwawasan lingkungan agar bangunan dan alam serta penghuninya hidup bersinergi secara harmonis, menjadi alasan dibangunnya taman Kanak-kanak Terpadu Pahoa yang menerapkan konsep ramah lingkungan ( green building). Tak perlu lagi iklim buatan.

Sebuah proyek yang menjadi wadah bagi anak-anak ini didesain nyaman meski tanpa menggunakan AC (pendingin ruangan). Sebagai gantinya, diciptakan penghawaan alami yang maksimal dengan adanya perbedaan tekanan udara melalui ventilasi silang dan pengaturan lansekap. Jendela berukuran besar dilengkapi dengan koridor di setiap bagian memungkinkan masuknya cahaya alami secara optimal ke dalam ruang dan menghemat penggunaan listrik. Roof garden (taman atap) diterapkan untuk menurunkan temperatur ruang sampai 40%.

Bangunan TK ini didesain dengan skala anak kecil yang memperhatikan sisi keamanan dengan menempatkan seluruh ruang kelas di lantai bawah dan ruang guru serta tata usaha di lantai atas. Tata lingkungannya direncanakan sedemikian rupa sehingga tercipta oksigen yang cukup untuk kebutuhan seluruh area. Karenanya, pepohonan rindang dihadirkan sebagai penghasil oksigen dan penangkal polusi udara dan suara dari lingkungan luar.

Sebuah konsep desain yang menginspirasi untuk mengubah kebiasaan yang tergantung pada iklim buatan menjadi kebiasaan beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat anak-anak lahir, tinggal, dan menjadi besar. Hal ini juga menjadi sarana edukasi bagi para orang tua yang pada awalnya menolak konsep ini dan pada akhirnya memberi dukungan maksimal karena menyaksikan anak-anak mereka lebih sehat dan kuat menghadapi pengaruh lingkungan. Bukti nyata bahwa sebuah desain yang baik akan mampu mengubah kualitas hidup penghuninya.

Inilah salah satu di antara sekian banyak program green development yang membuat proyek Summarecon Serpong memperoleh penghargaan pada Indocement Awards 2014 dengan kategori The Best Innovation in Green Development. Selamat! •

DOK. SUMMARECON

TK Pahoa Summarecon mengaplikasikan banyak jendela dan menghadirkan koridor untuk menciptakan kesejukan lingkungan yang alami.

Summarecon Serpong - KSO Summarecon-Serpong peraih Indocement Developer Awards 2014 dengan ketegori The Best Innovation in Green Development.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.