PT PP (Persero) Tbk. Peraih Indocement Contractor Awards 2014, Skala Nasional

Sebuah metode konstruksi inovatif menjadikan pembangunan dermaga ini secepat dan semudah menyusun lego.

Rumah - - Profil - Tabloidrumah.

Begitu berharganya sebuah ide inovatif. Dia bisa menjadikan sebuah proyek yang dihadapkan pada segudang keterbatasan menjadi sebuah proyek berkualitas yang bernilai tambah. Itulah yang dilakukan oleh PT PP (Persero) Tbk., dengan proyek ini.

Inovasi dilakukan dengan menerapkan metode konstruksi dengan sistem precast 80%, menjadikan pengerjaan dermaga ini lebih mudah (semudah menyusun lego), cepat (25% lebih cepat dari sistem konvensional), ramah lingkungan, dan berkualitas (kualitas betonnya sempurna). Dengan membuat pabrik precast kecil di lokasi proyek, maka material bangunan lebih mudah dan cepat didapatkan, biayanya lebih murah, dan tak menghasilkan kerusakan lingkungan karena banyaknya sampah material bekisting yang jatuh ke laut. Dengan sistem precast ini area proyek menjadi lebih bersih bebas sampah material. Pemanfaatan potensi laut secara penuh dalam menjalankan pekerjaan dan menghindari pekerjaan darat, telah menciptakan percepatan luar biasa dalam penyelesaian proyek yang berujung pada penghematan biaya (12% lebih rendah). Sistem ini juga sangat mendukung penghematan tenaga di mana di proyek ini PT PP menggunakan tenaga kerja lokal secara penuh dengan keselamatan kerja yang lebih terjamin.

Atas hasil proyek yang memuaskan inilah, maka pemilik proyek (PT Pelindo) menjadikan proyek ini sebagai proyek percontohan (acuan) standar kualitas untuk proyek-proyek PT Pelindo IV ke depannya. Manajemen inovasi ini pun oleh PP dibukukan secara rapi sehingga bisa di- share ke perusahaan lain dan menjadi sharing edukasi bagaimana membangun sebuah proyek lebih efektif, efisien, dan ramah lingkungan.

Dari semua inovasi kerja yang dilakukan dan juga kepedulian berbagi kepada yang lain inilah, maka PP berhasil meraih penghargaan pada Indocement Awards 2014 dengan kategori The Best Performance in Innovation. Selamat! •

DOK. PT PP (PERSERO) TBK.

Proyek Dermaga Kariangau di Kalimantan Timur.

PT PP (Persero) Tbk., peraih Indocement Contractor Awards 2014 dengan ketegori The Best Performance in Innovation.

Untuk tingkat regional salah satu peraih Indocement Contractor Awards 2014 adalah Wijaya Kusuma Contractor dengan proyek Lease Swing Space US Embassy dan berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Performance in Greater Jakarta & West Java.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.