Rumah Susun untuk MBR

Rumah - - Properti -

Pembangunan rumah susun (rusun) menjadi salah satu program yang dicanangkan oleh Jokowi-JK. Setyo Maharso mengungkapkan program rumah susun dianggap efektif mengingat pasokan lahan di kota-kota besar sudah terkikis sehingga tidak lagi memungkinkan membangun rumah tapak. Selain itu, harga rumah tapak yang terus mengalami kenaikan juga membuat masyarakat berpenghasilan rendah kesulitan mendapatkan rumah yang murah.

Dikutip dari Kompas.com, rencananya Jokowi-Jusuf Kalla akan membangun 5.000 menara rumah susun dilengkapi dengan perbaikan infrastruktur dan tata ruang. Infrastruktur dan tata ruang yang baik akan membuat masyarakat merasa nyaman.

“Kehadiran infrastruktur seperti ketersediaan air, jalan, dan transportasi yang baik akan membuat masyarakat betah, meski jarak rumahnya jauh dari pusat kota,” ungkap Setyo Maharso.

Pembangunan rusun ini akan dilakukan di 10 kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan kota besar lainnya. Selain itu, masalah legalitas, perizinan, dan pembiayaan pun akan diatur seefisien mungkin, sehingga memudahkan masyarakat.

“Untuk urusan kepemilihan sertifikat rusun, kementerian agraria sudah berkomitmen akan diberikan kepada MBR,” tuturnya lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.