Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera)

Rumah - - Properti -

Persoalan mengenai kesulitan mendapatkan rumah layak karena terpentok biaya nantinya akan teratasi lewat program Tabungan Perumahan Rakyat ( Tapera). Program ini adalah program dana jangka panjang yang dibuat untuk pemilikan, pembangunan, atau perbaikan rumah yang diperoleh dari kegiatan menabung. Tapera ini kelak akan menjadi program wajib bagi setiap warga Indonesia yang memenuhi syarat.

Peserta Tapera akan dikenakan iuran wajib yang dipotong langsung dari gaji atau upah setiap bulannya. Namun, belum dipastikan besaran dana yang harus dibayar oleh masyarakat karena masih harus menunggu keputusan DPR. Pemerintah berharap, dengan adanya dana simpanan ini, masyarakat dapat memeroleh rumah yang layak tanpa harus pusing memikirkan pembiayaan.

Rentan Ladang Korupsi

Serbuan dana yang sangat besar dari program Tapera ini membuat banyak pihak khawatir. Ali berpendapat tanpa mekanisme dan badan pengelola yang jelas, program Tapera ini rentan menjadi ladang korupsi.

“Perlu dibentuk mekanisme dan badan yang jelas. Bayangkan berapa besar dana yang harus ditampung pemerintah. Harus ada eksekutor khusus untuk menjalankan program ini,” ujarnya menegaskan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.