Lembaran Tipis Pencegah Korsleting

Rumah - - Peranti -

khir-akhir ini, musibah kebakaran kembali marak terjadi di Jakarta. Di akhir bulan lalu, ada sebuah rumah di Sunter, Jakarta Utara yang terbakar akibat korsleting. Ada pula berita tentang kebakaran hebat yang terjadi di Tambora, Jakarta Barat, yang menghanguskan puluhan rumah.

Kebakaran memang merupakan salah satu bencana yang paling sering terjadi di Indonesia, terutama di kotakota besar. Selain mengakibatkan kerugian harta benda, tak jarang kebakaran juga menyebabkan jatuhnya korban jiwa, seperti yang terjadi di Sunter. Penyebabnya sangat beragam. Hubungan arus pendek listrik (korsleting) merupakan salah satu penyebab kebakaran yang paling sering jadi biang kerok, selain kompor, lilin, dan puntung rokok.

Korsleting listrik bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena penggunaan listrik melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Sebagai contoh kapasitas listrik di rumah adalah 900watt, akan tetapi penggunaannya lebih daripada itu. Akibatnya muncul panas yang berlebih yang menyebabkan pembungkus kabel meleleh. Inilah yang memicu terjadinya korsleting dan menimbulkan percikan api.

Agar terhindar dari masalah tersebut, Anda harus memastikan bahwa instalasi listrik di rumah sudah benar dan sesuai standar yang ditentukan. Jangan sampai rumah Anda terbakar karena adanya korsleting listrik yang tidak Anda sadari.

Cegah dengan Teknologi Nano

Namun, bagaimana jika Anda tidak mengetahui persis kondisi instalasi listrik di rumah, terutama rumah yang dibeli dari pengembang? Jangan khawatir, ada cara lain untuk mencegah kebakaran. Salah satunya memasang sistem pencegah kebakaran, yaitu NanEx (Nano Fire Extinguisher).

NanEx, yang berbentuk lembaran tipis berteknologi nano ini dapat memadamkan percikan api dalam waktu singkat, 20 detik. Ini dimungkinkan karena NanEx mengandung jutaan mikro elemen zat aktif, yang akan bereaksi mengikat O ketika mendeteksi panas yang muncul akibat listrik atau arus pendek. Dengan mengikat O , maka percikan api akan padam dalam seketika sebelum merambat.

Mudah Mengaplikasikannya

Sulitkah mengaplikasikannya? Ternyata tidak, pemakaiannya mirip stiker. Lepas bagian belakangnya, lalu tempel pada perangkat listrik yang Anda kehendaki. Agar efektif, NanEx sebaiknya diaplikasi pada T Dus, stop kontak, sakelar, dan area yang memungkinkan terjadi korsleting. Cukup direkatkan di antara panel listrik, kabel, maupun area stop kontak.

Saat ini, material NanEX tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 4,2cm x 2,2cm x 2mm dan 4,5cm x 8,5cm x 2mm. Keduanya berwarna merah. NanEx berdimensi besar (4,5cm x 8,5cm x 2mm) diaplikasikan pada panel boks berukuran 15 liter, sedangkan ukuran kecil pada peralatan listrik lainnya. Material pencegah kebakaran ini dijual dengan harga mulai dari Rp250.000 hingga Rp850.000 perlembar.

DOK. NanEX Selain pada T Dus, material NanEx bisa daplikasikan pada stop kontak, sakelar, dan area yang memungkinkan terjadi korsleting.

DOK. NanEX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.