PEMANAS AIR LISTRIK Kini Lebih Aman dan Hemat Energi

Takut keseterum dan boros listrik. Biasanya dua faktor inilah yang melatarbelakangi orang ragu memasang pemanas air listrik di kamar mandi. Kini, kedua hal tersebut sudah bisa diatasi, dengan munculnya pemanas air yang aman dan hemat listrik.

Rumah - - Peranti - TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian_shn@yahoo.com.sg FOTO JOU ENDHY PESUARISSA

emanas air ( water heater) kerap menjadi solusi mendapatkan air hangat yang nyaman dan praktis, terutama pada saat musim hujan dan udara sedang dingin-dinginnya. Cukup dengan menyalakan listrik, Anda sudah dapat merasakan kehangatan air dengan takaran kehangatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, tidak sedikit juga yang merasa takut dan ragu menggunakannya. Takut tersengat listrik merupakan salah satu alasan orang ragu untuk memasang perangkat elektrik ini di kamar mandi mereka. Terlebih lagi setelah muncul sejumlah kejadian yang mengaitkan alat pemanas air ini sebagai sumber malapetaka sehingga merenggut korban jiwa.

Tak hanya itu. Ada juga masyarakat yang ragu menggunakan pemanas air karena khawatir tagihan listriknya akan membengkak saat harus menggunakan air dalam jumlah banyak.

Pengaman Anti-Korsleting

Kekhawatiran terjadi korsleting pada pemanas air listrik akan menghantui Anda di saat mandi, jika Anda tidak memahami sistem keamanannya. Padahal, sebagian besar peranti bertenaga listrik ini sudah dilengkapi sistem pengaman dalam unit pemanas airnya.

Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik (hubungan arus pendek), pemanas air Ariston dan Rinnai, misalnya, sudah dilengkapi ELCB ( Earth Leakage Circuit Breaker) yaitu alat pengaman terhadap kebocoran arus listrik.

“Ariston memiliki perlindungan terhadap korosi dalam tangki dengan menggunakan titanium

KEDIAMAN IQBAL-NITA, KOTA BARU PARAHYANGAN, PADALARANG, BANDUNG enamel dengan titik lebur 870°C sehingga sangat kuat dan stabil,” kata Hendrano Limanto, General Manager PT Aditya Sarana Graha, agen tunggal pemanas air merek Ariston, Paloma, dan Wasser.

Pemanas air asal Belanda, Daalderop, bahkan melengkapi produknya dengan sistem keamanan berlapis. Selain menggunakan tabung tembaga yang tidak mudah terkena karat dan korosi, elemen listrik yang digunakan pada pemanas airnya dibuat tidak bersentuhan (tercelup) langsung di air. “Dengan sistem ini, maka pemanas air Daalderop cukup aman dan mampu mengatasi bahaya sengatan listrik (korsleting),” ungkap Susan Gozali, General Manager Daalderop Indonesia.

Watt Rendah

Tidak hanya sistem pengaman pencegan korsleting, pemanas air listrik yang beredar saat ini, juga cukup irit dalam mengonsumsi listrik. Pemakaian daya listriknya, sebagaimana tercantum pada perangkatnya, sebesar 350-800watt. Ini jauh lebih kecil dibanding pemanas air yang diproduksi 5 tahun lalu, yang mencapai 1.000watt.

Pemanas air Ariston Star15, Rinnai RES EBO15, dan Daalderop kapasitas tangki 15 liter, misalnya, mengonsumsi listrik hanya 350watt. Sedangkan Daalderop kapasitas 30 liter, Ariston Tipro15, Modena Quadra ES15, Rinnai Titanium-RES EB115, mengonsumsi daya listrik sekitar 500watt.

DOK. DAALDEROP INDONESIA

Beberapa produsen pemanas air, masih melengkapi fitur tambahan pada produknya agar konsumsi listriknya bisa lebih irit. Pada pemanas air Daalderop, bagian dalam tangkinya diberi lapisan (insulasi) polyurethane bebas CFC dan oksigen, sehingga menjaga kualitas air hingga 85°C. “Meski suhu air dalam tabung cukup panas, insulasi akan menjaga bagian luar tabung tetap dingin,” tutur Susan.

Dengan adanya inovasi teknologi pada pemanas air listrik, Susan berharap tidak ada lagi alasan untuk merasa khawatir dan ragu menggunakan pemanas air, khususnya pemanas air listrik.

Pemanas air asal Belanda, Daalderop, kini sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan dan hemat listrik.

LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.