Di Bawah Atap

Rumah - - Rumah Sehat -

Untuk kasus pertama ini, solusinya ada banyak. Anda bisa mendesain ulang ruang tidur tertutup dengan menambahkan bukaan melalui atap atau dinding.

Anda dapat menghilangkan sebagian plafon ruang tidur. Lokasi yang dihilangkan idealnya tidak berada di atas tempat tidur— khususnya bagian kepala—karena akan mengganggu kenyamanan saat tidur siang. Ukuran plafon yang dibuka, idealnya sebesar ¼ luas penampang ruang tidur. Setelah plafon dibuka, ganti penutup atap dengan genting kaca yang dapat memasukkan cahaya matahari.

Lalu, tambahkan turbin ventilator di atap ini agar ada udara baru yang masuk ke dalam ruang tidur. Fungsi turbin ventilator ini untuk mengisap udara panas dan debu, sekaligus berfungsi sebagai alat sirkulasi udara.

Jika turbin ventilator ini dianggap sudah memenuhi kebutuhan sirkulasi udara, Anda tak perlu menambahkan alat sirkulasi lain. Namun jika dirasa kurang, tambahkan exhaust fan. Pilih exhaust fan dengan model 2 arah yang bisa menyedot dan mengeluarkan udara. Letakkan di salah satu dinding ruang tidur menuju ruang lain yang lebih terbuka. Satu exhaust fan idealnya menjangkau ruang seluas 10m2, dengan asumsi tinggi plafon 2,6m.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.